Senin, 29 April 2024

Liverpool Gagal Geser Arsenal di Puncak Klasemen Usai Ditahan Imbang City

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Para pemain Liverpool merayakan lolosnya mereka ke Final Piala Liga atau Carabao Cup, usai menyingkirkan Fulham dengan agregat 3-2. Foto: Skysports

Liverpool gagal menggeser Arsenal dari pucuk klasemen Liga Inggris setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan tamunya Manchester City pada Minggu (10/3/2024).

City unggul lebih dahulu melalui gol John Stones, sedangkan Liverpool menyamakan kedudukan berkat penalti Alexis Mac Allister pada babak kedua. Kedua tim sama-sama tampil menyerang sejak awal pertandingan.

Peluang berbahaya pertama diciptakan Kevin De Bruyne pada menit ke-8 yang tembakan kerasnya dari luar kotak penalti  ditepis oleh kiper Liverpool Kelleher.

Luis Diaz membobol gawang Ederson, namun gol ini dianulir karena Darwin Nunez yang memberikan umpan kepada Diaz sudah berada dalam posisi offside.

City yang terus menekan memecah kebuntuan pada menit ke-23. Berawal dari sepak pojok Kevin De Bruyne, John Stones lolos dari kawalan lawan dan menyambar bola dengan sepakannya. Tim tamu unggul 1-0.

Liverpool nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-30 ketika tandukan Szoboszlai di depan gawang melambung tinggi.

Manchester City memulai babak kedua dengan buruk setelah mendapatkan hukuman penalti pada menit ke-48.

Tim tamu dihukum penalti setelah Nathan Ake melakukan operan ke belakang yang berhasil direbut Nunez. Ederson mencoba maju menghalau, tetapi kakinya mengenai Nunez sehingga wasit menunjuk titik putih.

Alexis Mac Allister yang ditunjuk sebagai algojo berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-1, gol tersebut menjadi penutup di pertandingan ini.

Pasukan Juergen Klopp kini memiliki koleksi poin yang sama dengan Arsenal, yakni 64 poin. Tetapi Arsenal berhak berada di atas karena unggul selisih gol yakni 46, sedangkan Liverpool hanya 39.

Tambahan satu poin dari laga akbar itu juga membuat City tertahan di posisi ketiga dengan 63 poin.

Tottenham Hotspur membuat kejutan saat melawat ke markas tim peringkat keempat Aston Villa, dengan kemenangan 4-0 atas tuan rumah, kemenangan itu juga memangkas jarak Spurs dengan Villa, sekaligus menghidupkan kembali harapan mereka untuk menutup musim dengan berada di empat besar.

Pada pertandingan lainnya, West Ham United gagal memperpanjang tren kemenangan mereka saat ditahan imbang 2-2 oleh tamunya Burnley.

Berbanding terbalik dengan West Ham, Brighton justru kembali ke jalur kemenangan setelah menang tipis 1-0 atas tamunya Nottingham Forest. (ant/man/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs