Minggu, 28 April 2024

Tekan Peningkatan Obesitas 20-30 Persen Per Tahun, FK Unair Galakkan Lari Lewat Medic Air Run

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Prof Budi Santoso Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (jersey hijau kedua dari kiri) saat konferensi pers Surabaya Medic Air Run, Selasa (27/2/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net Prof Budi Santoso Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (jersey hijau kedua dari kiri) saat konferensi pers Surabaya Medic Air Run, Selasa (27/2/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga kembali menggelar Medic Air Run 2024, event lari untuk menyosialisasikan kesehatan ke masyarakat.

Prof Budi Santoso Dekan Fakultas Kedokteran Unair menyebut, presentase peningkatan angka obesitas di Indonesia setiap tahun sebesar 20 hingga 30 persen.

“Akhirnya, angka resistensi insulin itu meningkat, jadi sel sudah tidak peka terhadap hormon insulin, akhirnya angka diabetes meningkat,” katanya saat konferensi pers gelaran Medic Air Run di FK Unair, Selasa (27/2/2024).

Diabetes dan obesitas bisa dicegah, salah satunya dengan menata pola hidup.

“Diabet itu penyakit yang bisa dicegah, khsusnya tipe dua. Tipe satu pankreas sudah rusak bawaan. Kalau tipe dua itu awalnya normal tapi karena pola hidup, gemuk dan terjadi obesitas bisa mengalami diabetes,” imbuhnya.

Selain pola makan, juga olahraga, untuk menjaga tubuh tetap gerak agar meminimalisir resistensi insulin.

“Kalau kita olahraga, tingkat kebugaran kita akan membaik, risiko-risiko lain terhadap resistensi insulin akan membaik dengan menurunkan berat badan,” katanya lagi.

Ia berharap, FK Unair yang punya tanggung jawab sosial untuk menyosialisasikan kesehatan, bisa mengajak masyarakat biasa olahraga dengan lari, sehingga mengikis angka peningkatan obesitas dan diabetes.

“Olahraga lari adalah yang paling praktis, tidak membutuhkan waktu khusus, kostum khusus, tidak tempat khusus dan masyarakat banyak juga menyukai lari,” ucapnya.

Sekadar diketahui, prediksinya akan ada 2.500 hingga 3.000 peserta Surabaya Medic Air Run 26 Mei, yang tahun ini masuk dalam event perayaan ulang tahun Kota Surabaya itu.

“Rutenya sama, kita mulai di depan keliling Airlangga, Viaduct, Jalan Pemuda, Jalan Basuki Rahmat, Tunjungan Plaza, dan Jalan Embong Malang, Jalan Tunjungan, balik Jalan Gubernur Suryo, kemudian Viaduct lagi jadi 10 K, 5 K motong,” tandasnya. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs