Rabu, 29 Mei 2024

8 Organisasi Advokat Datangi Fraksi PKB DPR RI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Mereka diantaranya Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Serikat Pengacara Indonesia, Ikatan Advokat Indonesia, dan Asosiasi Advokat Indonesia.

Delapan organisasi Advokat ini ditemui langsung Marwan Ja’far Ketua Fraksi PKB DPR RI. Dalam audiensi itu para advokat berharap fraksi PKB bisa mengakomodasi suara mereka supaya RUU Advokat tidak tergesa-gesa diundangkan.

Otto Hasibuan ketua umum Peradi mengatakan, pada dasarnya mereka tidak menolak RUU advokat, tetapi RUU ini perlu dibahas lebih matang, karena dalam pembahasan saat ini masih banyak kelemahan-kelemahan yang menyebabkan fungsi advokat bukan sebagai penegak hukum.

Dalam RUU advokat sekarang, ada rencana membuat Dewan Advokat Nasional (DAN) dibawah naungan pemerintah. Hal inilah, kata Otto yang membuat advokat tidak independen lagi, dan hanya akan seperti Banpol (Bantuan Polisi).

“Kalau rencana Dewan Advokat Nasional benar-benar diwujudkan, maka advokat bukan sebagai penegak hukum lagi, tapi tidak lebih hanya seperti Banpol,” tegas Otto dalam audiensi dengan fraksi PKB, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (16/9/2014).

Dia juga juga menjelaskan kalau pertemuannya dengan fraksi partai Hanura, PKS dan PDIP telah setuju penundaan pengesahan RUU Advokat.

Bahkan 9 universitas terkemuka di Indonesia, sudah melayangkan surat perlunya penundaan pengesahan RUU ini. Universitas itu diantaranya UGM, Unair, UNS, UI dan UII.

Sementara Marwan Ja’far ketua fraksi PKB juga setuju penundaan pengesahan RUU advokat. Dari dinamika politik di DPR, sejauh ini RUU advokat belum menjadi pilihan untuk segera diundangkan.

“Biasanya kalau RUU itu penting untuk segera diundangkan, pimpinan-pimpinan fraksi pasti bertemu untuk membahasnya. Sehingga dalam konteks sekarang atau masa sidang ini, RUU advokat sepertinya belum akan disahkan,” ujar Marwan.

Sekadar diketahui, selain bertemu beberapa fraksi di DPR, minggu lalau 8 organisasi advokat ini juga melakukan aksi unjuk rasa di DPR dan Bundaran Hotel Indonesia.(faz/ipg)

Teks Foto:
– Delapan organisasi Advokat ditemui langsung Marwan Ja’far Ketua Fraksi PKB DPR RI.
Foto: Faiz suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
30o
Kurs