Kamis, 2 Mei 2024

Ahok Enggan Gabung Parpol Hingga 2017

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Setelah beberapa hari yang lalu menyatakan diri keluar dari Parpol Gerindra, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Wakil Gubernur Jakarta, menyatakan enggan bergabung dengan partai politik lagi.

Ahok menyampaikan, dirinya sudah tidak tertarik lagi untuk masuk partai, karena ingin berkonsentrasi untuk membereskan tugasnya sebagai Wakil Gubernur Jakarta hingga 2017.

“Saya tidak ingin masuk partai, sementara ini sudah malas berpartai. Pengen bereskan tugas saja sampai 2017,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, ketika dimintai tanggapan seputar ajakan politisi Golkar Priyo Budi Santoso menjadi kader parpol, seperti yang dilansir Antara, Selasa (23/9/2014).

Meskipun demikian, Ahok tetap tidak menutup kemungkinan bergabung dengan Golkar jika RUU Pilkada tentang pemilihan kepala daerah melalui DPRD batal disahkan. Menurutnya alasan itu cukup masuk akal, karena dirinya juga membutuhkan kendaraan politik jika mau bertarung kembali pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

“Kalau pemilihan langsung, bisa saja Golkar mencalonkan saya,” ujar mantan Bupati Belitung Timur ini.

Sekadar diketahui, sebelumnya Ahok merupakan politisi Golkar. Namun, pada Pilkada DKI Jakarta 2012, ia hijrah ke Gerindra karena pada saat itu Golkar lebih memilih mencalonkan Alex Noerdin (Gubernur Sumatera Selatan) sebagai calon di Pilkada.

Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso menyatakan siap merekrut Ahok kembali jika terpilih menjadi ketua umum partai pohon beringin itu.

Menurut Ahok tak hanya Golkar yang mendekati, sejumlah partai lain juga telah menghubungi untuk mengajak bergabung menjadi kader.

“Ada yang menghubungi, saya banyak teman di partai, tapi saya mau jadi bujangan politik dulu sampai 2017,” ungkapnya.

Pada 10 September 2014 lalu, Ahok resmi keluar dari Partai Gerindra. Hal itu ia lakukan sebagai bentuk protes atas dukungan partai tersebut pada pemilihan kepala daerah tidak langsung (melalui mekanisme DPRD).(ant/nif/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs