Senin, 6 Mei 2024

KPU Jawa Timur Anulir Hasil Seleksi Komisioner KPU 4 Kabupaten

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menganulir hasil seleksi anggota KPU di 4 kabupaten.

Empat kabupaten yang anggota KPU-nya dianulir, diantaranya KPU Kabupaten Tuban, Lamongan, Kediri, dan Blitar.

Jonathan Judianto Sekretaris KPU Jawa Timur mengatakan, untuk kabupaten Lamongan harus dianulir hasilnya, karena proses seleksinya cacat. “Anggota tim seleksi yang hadir dan menandatangani berita acara hanya 3 orang, dari 5 anggota yang ada, untuk itu hasilnya dianulir KPU Jawa Timur,” ujar Jonathan, Rabu (4/6/2014).

Dengan anulir itu, maka tim seleksi KPU Kabupaten Lamongan harus menggelar tes ulang untuk 20 besar calon anggota yang sudah masuk. “Sayangnya ditengah jalan, ketua dan dua anggota tim seleksi mengundurkan diri, dengan kondisi itu KPU Jawa Timur akan merekrut tim seleksi lagi, kalau sampai tanggal 12 Juni tidak terbentuk, maka KPU Jawa Timur akan mengambil alih, proses seleksi untuk anggota KPU Kabupaten Lamongan,” jelas Jonathan.

Selain itu, KPU Jawa Timur juga menganulir hasil seleksi anggota KPU Kabupaten Blitar dan Kediri yang dinilai menyalahi prosedur.

“Di Kediri dan Blitar, tim seleksinya tidak melakukan tes kesehatan, meliputi rohani, jasmani dan bebas narkoba, untuk itu hasil seleksinya dianulir,” jelas Jonathan.

Sesudah anulir diberikan, maka tim seleksi anggota KPU Kabupaten Blitar dan Kediri harus menggelar tes ulang untuk 20 besar calon anggota KPU dan diumumkan hasil 10 besarnya, sesudah itu baru dilaporkan ke KPU Jawa Timur.

Selain 4 kabupaten di Jawa Timur yang bermasalah dalam proses seleksi anggota KPU-nya, KPU Jawa Timur juga dapat laporan permasalahan selama proses seleksi anggota KPU, diantaranya dari Kabupaten Ponorogo, Bojonegoro, Sumenep dan Kota Surabaya.

Laporan yang sudah masuk itu, diantaranya Kabupaten Sumenep sudah diselesaikan permasalahannya, sementara Kabupaten Ponorogo dan Bojonegoro akan dilakukan upaya hukum dari calon anggota KPU yang ikut seleksi.

Khusus Surabaya laporan yang diterima KPU Jawa Timur, tentang dugaan adanya calon anggota KPU titipan yang masuk dalam 10 besar anggota KPU Surabaya. (tas/rst)

Teks Foto :
– Aksi Forum PPK Surabaya di Kantor KPU Jawa Timur, memprotes transparasi proses seleksi anggota KPU Surabaya, Rabu (4/6/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs