Sabtu, 4 April 2020

Kepemimpinan Karsa Belum Mampu Kurangi Disparitas

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi kritisi kepemimpinan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) yang belum mampu mengurangi disparitas pembangunan antara daerah ring 1 dengan daerah pinggiran.

“Pertumbuhan ekonomi di bawah kepemimpinan Pakde Karwo-Gus Ipul memang mengesankan, tapi disparitas masih terjadi di sini,” kata Anas, di sela-sela menghadiri pelantikan Soekarwo-Saifullah Yusuf sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Gedung DPRD Jawa Timur, Rabu (12/2/2014).

Menurut Anas, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur masih terpusat di Ring 1, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan Pasuruan. Sedangkan di daerah lainnya seperti di bagian timur, madura serta mataraman belum mampu meraih perumbuhan ekonomi yang maksimal.

PDRB Jawa Timur, kata Anas, juga masih dimonopoli Surabaya dan sekitarnya yang mencapai 44,6 persen. Karenanya, Anas berharap ada pertumbuhan daerah ekonomi baru di Jawa Timur.

“Banyuwangi adalah salah satu daerah pertumbuhan ekonomi baru, tapi perlu ditingkatkan pembangunannya,” kata Anas. Dia mencontohkan, yang dibutuhkan Banyuwangi tak hanya lapangan terbang, melainkan juga akses infrastruktur lainnya yang memadai.

Kondisi jalan misalnya, saat ini Banyuwangi berharap Pemerintah Jawa Timur bisa mengucurkan lebih banyak lagi anggaran untuk perbaikan di Banyuwangi. (fik/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Sabtu, 4 April 2020
26o
Kurs