Selasa, 7 April 2020

Ormas Islam Desak Parpol Bentuk Koalisi Partai Berbasis Islam

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Ormas-ormas Islam mendukung dibentuknya koalisi partai politik (parpol) berbasis islam untuk menghadapi pemilihan Presiden Juni 2014 mendatang.

Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan 17 ormas Islam di kantor pengurus besar Nahdatul Ulama (NU), Selasa (15/4/2014).

Diantaranya dihadiri oleh KH. Said Aqil Siradj, Ketua Umum Pengurus Besar NU, Din Syamsudin, Ketua Umum PB Muhammadiyah serta ormas lainnya.

Wacana membangun koalisi ini muncul setelah melihat perolehan suara dari partai-partai islam yang cukup menggembirakan.

“Perolehan suara partai-partai islam pada pemilu legislatif lalu cukup signifikan yakni 30 persen dan itu sudah cukup untuk mengajukan calon presiden sendiri,” kata Din syamsudin.

Menurut dia, pertemuan tersebut merupakan bagian dari ikhtiar ormas-ormas islam dalam membangun bangsa dan negara.

Sealin itu, ia menambahkan, pertemuan ini akan ditindaklanjuti dan megadakan pertemuan dengan partai-partai islam yang ikut berkompetisi di pemilu legislatif lalu dalam waktu dekat ini.

Din Syamsudin belum bisa memastikan apakah partai islam yang terdiri dari PKB, PAN, PKS, PPP, dan PBB setuju dengan gagasan ormas islam ini.

Namun ia bersama ormas lainnya berharap partai islam sudah mempunyai suatu wacana untuk bangkit dan turut serta dalam membangun bangsa dan negara secara langsung untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. (jos/ain/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Blega, Bangkalan

Banjir di depan Lippo Plaza Sidoarjo

Banjir di Sememi

Kebakaran Rumah di Griya Kebraon Tengah

Surabaya
Selasa, 7 April 2020
27o
Kurs