Senin, 29 April 2024

PDIP Gerilya Jelang Pengesahan RUU Pilkada

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

PDI Perjuangan gerilya di Sidang Paripurna jelang pengesahan RUU Pilkada. Gerilya yang dimaksud adalah mendekati partai-partai politik diluar koalisi. Ini dilakukan Pramono Anung Wakil Ketua DPR fraksi PDI Perjuangan saat memasuki ruang Sidang Paripurna DPR RI.

Biasanya, para pimpinan DPR masuk ke ruang Sidang Paripurna lewat pintu samping, tetapi Pramono Anung tidak melewati jalan itu tetapi justru di pintu utama yang biasa untuk para anggota dewan.

Sekadar diketahui, RUU Pilkada sendiri rencananya akan disahkan pada hari Kamis (25/9/2014) atau 2 hari lagi.

Waktu ditanya soal gerilyanya itu, Pramono Anung sambil tersenyum mengatakan kalau komunikasi politik dengan fraksi lain itu sudah biasa.

“Sudah waktunya kita membuka komunikasi dengan siapapun, termasuk dengan teman-teman yang mungkin saat ini belum bersama-sama dengan koalisi pak Jokowi dan pak JK,” ujar Pram di sela-sela Sidang Paripurna, Selasa (23/9/2014).

Dia mengatakan politik itu sangat dinamis dan terbuka, sehingga perlu berkomunikasi dalam dua arah, dan tidak mungkin berkomunikasi dengan satu arah saja.

Pram mengatakan, komunikasi yang dilakukan adalah seputar RUU Pilkada, karena sejauh ini PDI Perjuangan memilih cara pilkada langsung. Selain itu, juga membicarakan soal regrouping menjelang tanggal 1 Oktober, karena pimpinan DPR dan alat kelengkapan dewan nanti dipilih secara paket.

“Karena sudah dekat dengan tanggal 1, regrouping perlu dilakukan, sesuai tatib DPR yang baru bahwa pimpinan DPR maupun pimpinan alat kelengkapan dewan itu bersifat paket. Tentunya paket itu harus disiapkan dari sekarang,” tegas Pram.

Saat ditanya berkomunikasi dengan fraksi mana saja, Pram menolak memberitahu. “Yang jelas komunikasi itu dilakukan dengan siapapun,” ujarnya.

“Komunikasi itu kan dengan siapa saja bisa. Yang menarik itu kan yang tertutup dan wartawan tidak tahu,” pungkas Pram sambil tertawa meninggalkan kerumunan wartawan.(faz/ipg)

Teks Foto:
– Pramono Anung Wakil Ketua DPR fraksi PDI Perjuangan.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs