Kamis, 9 Mei 2024

Pakde Karwo Minta Masyarakat Bersama Bawa UU Pilkada ke MK

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Soekarwo, Gubernur Jatim sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur minta masyarakat bisa bersama untuk menyuarakan penolakan terhadap Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

”Kalau tidak setuju, sebagai masyarakat hukum memang harus dilewatkan ke MK,” kata Pakde Karwo, julukan Soekarwo, Senin (29/9/2014).

Menurut dia, pengesahan UU Pilkada memang cukup berliku dan rumit. Karenanya, Pakde Karwo mengatakan pengesahan UU Pilkada bukan semata karena partainya walk out saat proses pembahasan.

“Ini bukan kesalahan partai, kan kemudian memang ada dua opsi, padahal Demokrat usulkan dengan 10 syarat dan ini tidak diakomodir,” kata Pakde Karwo.

Dia mengakui, saat ini isu yang berkembang memang menyudutkan Demokrat. Meski begitu, hingga kini belum ada instruksi kusus dari DPP untuk menyikapi hal ini. “Nanti belum dikumpulkan DPP, nanti sikap resmi pasti ada,” kata dia.

Sekadar diketahui, saat pembahasan RUU Pilkada pada Jumat (26/9/2014) pagi, Demokrat sempat walk out dari pembahasan, walk out-nya Demokrat ini diduga merupakan skenario untuk meloloskan usulan pilkada melalui DPRD. (fik/ipg)

Teks Foto:
– Soekarwo, Gubernur Jatim sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur .
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs