Rabu, 17 April 2024

Pelantikan Wisnu Sakti Buana Jadi Wawali Terancam Gagal

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Rencana pelantikan Wisnu Sakti Buana untuk jadi Wakil Walikota Surabaya terancam gagal.

Kepastian ini terungkap sesudah Mochammad Mahmud Ketua DPRD Surabaya menyampaikan hasil rapat di Pemprov Jawa Timur, yang tidak menghasilkan keputusan apa-apa, soal rencana pelantikan Wisnu Sakti Buana untuk jadi Wawali Surabaya.

Menurut Machmud dari hasil rapat itu, DPRD Surabaya hanya diminta menyiapkan agenda pelantikan dan pengambilan sumpah untuk Wisnu Sakti Buana, tapi tidak disebutkan kapan pelaksanaannya.

Selain itu, mahmud juga memastikan tidak akan menggelar rapat Badan Musyawarah sebelum ada SK Mendagri yang memastikan kalau Wisnu Sakti Buana benar-benar dipilih untuk jadi Wawali Surabaya menggantikan Bambang Dwi Hartono yang mundur Agustus lalu, karena maju dalam Pilgub Jawa Timur.

“Sampai sekarang SK Mendagrinya saja belum ada, jadi tidak mungkin Banmus digelar, kecuali kalau SK-nya sudah ada, maka Rapat Banmus bisa digelar untuk dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Pelantikan Wawali,” ujar Mahmud.

Sementara Wisnu Saktu Buana mengatakan, tetap optimis kalau pelantikan dirinya untuk jadi Wawali tetap akan berjalan sesuai rencana.

Waktu ditanya tentang SK dari Mendagri untuk dirinya, WS mengaku sampai sekarang belum menerima SK itu dari Gubernur atau Mendagri secara langsung. “Tanyakan saja ke Gubernur,” ujar Wisnu.

Sementara di kalangan DPRD Surabaya beredar kabar, kalau SK Mendagri iut masih tertahan, karena ada laporan tentang dugaan pemalsuan tanda tangan anggota panitia pemilihan wawali, waktu rapat paripurna pemilihan wawali digelar.

Dalam rapat paripurna DPRD Surabaya waktu itu, dari tujuh anggota panitia pemilihan, hanya tiga orang yang hadir, sementara lainnya melakukan boikot dengan tidak hadir dalam rapat.

Sebelumnya proses pelantikan Wisnu Sakti Buana untuk jadi Wawali Surabaya akan dilakukan dalam bulan ini, tapi karena SK Mendagri belum ada, maka besar kemungkinan pelantikan itu gagal digelar. (tas/ipg)

Teks Foto :
1. Mochammad Mahmud Ketua DPRD Surabaya.
2. Wisnu Sakti Buana Bakal Wawali Surabaya yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya.
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs