Sabtu, 25 Mei 2024

Sumbangan Dana Kampanye Pileg Jatim, PDIP Terbesar

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memastikan, sumbangan dana kampanye pemilu legislatif 2014 untuk 12 parpol, PDI Perjuangan paling besar.

Data ini terungkap dalam laporan data rekapitulasi daftar laporan penerimaan sumbangan dana kampanye parpol peserta Pileg Jawa Timur yang disampaikan KPU Jawa Timur, Rabu (5/3/2014).

Dalam laporan rekapitulasi itu, PDI Perjuangan mendapat sumbangan dana kampanye sebesar Rp 13 miliar lebih di pelaporan tahap kesatu dan kedua. Disusul Partai Demokrat yang dapat sumbangan dana kampanye Rp 12 miliar lebih, kemudian Partai Golkar, dapat sumbangan dana kampanye Rp 8 miliar lebih, dan posisi keempat ditempati Partai Nasdem yang dapat sumbangan dana kampanye 7,5 miliar lebih.

Selain itu, Partai Amanat Nasional dapat sumbangan dana kampanye yang hampir sama dengan Nasdem, sebesar Rp 7,5 miliar lebih, disusul Partai Persatuan Pembangunan yang dapat sumbangan dana kampanye Rp 3 miliar lebih, di posisi ketujuh PKS dapat sumbangan Rp 1,5 miliar lebih, dan di posisi kedelapan Partai Gerindra dapat sumbangan Rp 2,5 miliar lebih, disusul posisi kesembilan PKB yang dapat sumbangan dana kampanye hampir Rp 2 miliar.

Sementara Partai Hanura dapat sumbangan dana kampanye Rp 385 juta lebih disusul PKPI di posisi kesebelas dengan sumbangan dana kampanye Rp 180 juta lebih, dan paling akhir Partai Bulan Bintang dapat sumbangan dana kampanye Rp 67 juta lebih.

Muhammad Arbayanto Komisioner KPU Jawa Timur mengatakan, dengan adanya laporan sumbangan dana kampanye itu, KPU hanya akan menerima laporannya, sementara kalau ada ketidaksesuaian, masyarakat diminta menyampaikan ke KPU kalau memang ditemukan ada kecurigaan.

“Kalau memang ada yang tidak sesuai dan mencurigakan, masyarakat bisa lapor ke KPU dan nanti KPU akan melakukan proses lebih lanjut untuk mengaudit dana kampanye parpol yang akan dilakukan badan akuntan publik, 15 hari sesudah coblosan 9 April 2014,” tegasnya. (tas/rst)

Teks Foto :
– Muhammad Arbayanto Komisioner KPU Jawa Timur menunjukkan rekap laporan dana kampanye parpol peserta Pileg Jatim, Rabu (5/3/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
28o
Kurs