Selasa, 31 Maret 2020
Seleksi Anggota KPU Surabaya

Tiga Incumbent Bersaing dengan 75 Wajah Baru

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Sebanyak 78 peserta lolos seleksi administrasi untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya. Mereka akan mengikuti serangkaian tes, yang meliputi tes tertulis tentang pemilu, sistem politik dan demokrasi, kemudian tes kesehatan yang meliputi general check up, rohani dan bebas narkoba.

Setelah itu mereka akan mengikuti psikotes, yang terdiri dari tes tulis, wawancara dan focus groub discussion (FGD).

“Hingga penutupan pendaftaran, tim seleksi calon komisioner KPU Kota Surabaya menerima 101 pendaftar. Setelah dilakukan penelitian berkas, akhirnya 78 orang dinyatakan lolos seleksi,” ujar Machmud Suhermono Ketua Tim Seleksi (Timsel).

Alumni Jurusan Ilmu Politik FISIP Unair ini menjelaskan, dalam seleksi administrasi, selain meneliti kelengkapan dan keabsahan berkas pendataran, Timsel juga meneliti pengalaman kepemiluan dan karya tulis tentang pemilu dan demokrasi, baik dalam bentuk tulisan lepas di media massa, jurnal maupun buku.

“Semua ketentuan itu tertuang dalam PKPU Nomer 2 Tahun 2013 dan surat edaran KPU RI,” jelas Machmud dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net, senin (28/4/2014)

Dari 78 pendaftar yang lolos seleksi administrasi, terdapat 3 incumbent KPU Kota Surabaya. Selain itu mayoritas pendaftar berasal dari PPK, Panwascam, dosen, guru, wartawan, LSM dan beberapa profesi lainya.

Menurut bapak tiga anak ini, tes tulis akan dilaksanakan pada hari Rabu 30 April 2014 di Fakultas Hukum Unair. Sementara tes kesehatan dilaksanakan pada 2 Mei 2014 di Rumah Sakit Unair dan tes psikologi pada tanggal 9 dan 10 Mei 2014.

“Semua peserta mempunyai kesempatan yang sama untuk lolos ke 20 besar. Timsel akan memperlakukan semua peserta secara adil dan setara. Mereka yang terbaik dari ketiga jenis seleksi yang akan lolos,” pungkas Machmud.(edy)

Bagikan
Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
27o
Kurs