Jumat, 10 Mei 2024

16 Pejabat Pemprov Jatim akan Jadi Pj Bupati/Walikota

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Jawa Timur segera menyiapkan sebanyak 16 penjabat sementara (Pj) bupati walikota di 16 daerah. Pj disiapkan menyusul segera habisnya masa jabatan bupati/walikota sambil menunggu proses pelaksanaan Pilkada serentak pada akhir 2015 mendatang.

“Saya akan segera menyiapkan 16 Pj dan kemungkinan mereka ini merupakan pejabat struktural di provinsi,” kata Soekarwo, Jumat (16/1/2015).

Beberapa pejabat yang akan disiapkan kemungkinan adalah para kepala Badan Koordinasi Pembangunan Wilayah (Bakorwil), kemudian empat asisten, serta beberapa pejabat eselon II lainnya.

“Ada pikiran akan mengangkat sekda di daerah itu jadi Pj, tapi kalau Sekda yang jadi Pj maka netralitasnya dalam pilkada nanti dipertanyakan,” kata Soekarwo.

Selain itu, posisi Sekda sangatlah vital sehingga tidak mungkin bisa merangkap sebagai Pj bupati/walikota.

Soekarwo juga mengatakan, proses penunjukan Pj ini adalah murni kewenangan dirinya sebagai wakil dari pemerintah pusat. “Jadi tidak perlu berkonsultasi dengan partai politik,” kata dia.

Sekadar diketahui, sebanyak 16 kepala daerah yang akan segera habis masa jabatannya adalah Kabupaten Ngawi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Gresik.

Selain itu juga Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kota Blitar serta Kota Surabaya. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
30o
Kurs