Minggu, 29 Mei 2022

Antisipasi ISIS, RT dan RW seJatim Diminta Teliti Perilaku Warganya

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Soekarwo Gubernur Jawa Timur minta seluruh ketua RT dan RW mewaspadai prilaku aneh warganya. Kewaspadaan harus dilakukan terkait faham ISIS yang saat ini dinilai terus meluas.

“Prilaku aneh ini hendaknya diwaspadai, bertamu lebih dari 24 jam harus melapor. Ini harus digalakkan lagi,” kata Soekarwo, Kamis (26/3/2015).

Menurut dia, seorang warga terduga ISIS yang tertangkap di Malang, sebenarnya bisa dicegah jika ketua RT dan RW bisa mewaspadai sejak awal.

“Jika ketua RT atau RW sudah tahu sejak awal, kan tinggal mengajaknya untuk berdialog siapa tahu faham yang menyimpang bisa diluruskan,” kata dia.

Keluarga yang cenderung tertutup, harus diwaspadai karena merusak indeks pembangunan manusia yang salah satu item penilaianya adalah kehidupan bermasyarakat yang terbuka.

“Adalah tugas ketua RT dan RW agar masyarakat menujung tinggi kehidupan yang rukun dan bertetangga dengan terbuka,” ujarnya.
Selain itu, para ulama diharapkan juga turun guna memperbanyak penyadaran aqidah bagi warga yang ada di sekitarnya. (fik/rst)

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
29o
Kurs