Jumat, 3 Mei 2024

KPU se-Jatim Ikuti Pelatihan Data dan Keterbukaan Informasi

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
- Didik Suprianto Ketua Perludem saat memberikan materi keterbukaan informasi di hadapan perwakilan KPU se-Jatim. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/kota se-Jawa Timur, Rabu (11/3/2015) mengikuti pelatihan data dan keterbukaan Informasi. Pelatihan yang diselenggarakan Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) bekerjasama dengan KPU Jatim ini bertujuan meningkatkan kemampuan KPU dalam menyediakan informasi yang mudah untuk diakses.

Didik Suprianto Ketua Perludem mengatakan, pelatihan data dan keterbukaan data ini dimaksudkan meningkatkan kemampuan KPU dalam menyediakan informasi. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu.

“Sejauh ini KPU sudah terbuka dalam penyampaian informasi terkait penyelenggaraan Pemilu. Hanya saja masih banyak informasi yang bentuknya hardcopy. Dengan pelatihan ini diharapkan semua KPU dapat melakukan digitalisasi, sehingga semua informasi berbentuk softcopy dan mudah diakses melalui internet,” kata Didik Suprianto kepada suarasurabaya.net, Rabu (11/3/2015) di Hotel Santika Jl. Pandegiling, Surabaya.

Dia menambahkan, acara pelatihan yang digelar selama dua hari 10-11 Maret 2015 ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operator data di jajaran KPU se-Jatim dalam hal pengolahan data pemilu, dan menampilkan data tersbeut ke dalam website di masing-masing KPU Kabupaten/Kota maupun media-media sosial yang dimiliki.

Didik juga mengatakan, keterbukaan informasi KPU terkait Pemilu yang dapat diakses oleh masyarakat di antaranya seputar transparansi penyusunan data pemilih, transparansi profil caleg, transparansi pendistribusian logistik pemilu, dan transparansi rekapitulasi suara.

“Sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar profil caleg, calon Bupati/walikota, dan beberapa informasi terkait Pemilu,” kata dia.

Dalam acara tersebut, peserta yang merupakan perwakilan anggota KPU se-Jatim tersebut, diarahkan untuk membuat suatu desain untuk penyelenggaraan Pemilu dengan semangat keterbukaan informasi, untuk mempermudah pelaksanaan tahapan bagi penyelenggara dan mempermudah akses data baik bagi penyelenggara maupun masyarakat umum. (wak/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs