Jumat, 19 April 2024

Kabut Asap Dikhawatirkan Ganggu Pilkada Serentak

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Arief Budiman Komisioner KPU RI saat memberi materi di Seminar Nasional Universitas Airlangga Surabaya, Kamis (29/10/2015). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Arief Budiman Komisioner KPU RI menegaskan, bencana kabut asap di Sumatera dan Kalimantan bisa mengganggu distribusi logistik Pilkada Serentak di 14 daerah di Sumatera dan Kalimantan. Distribusi sampai ke Kabupaten dan Kota itu akan dilakukan pada tanggal 10-20 November.

“Sampai hari ini tahapan pilkada serentak masih berjalan dengan baik. Untuk logistik, sampai hari ini masih pada proses produksi yang dilakukan di dalam pabrik. Jadi belum terganggu,” ujar Arief usai Seminar Nasional di Universitas Airlangga Surabaya, Kamis (29/10/2015).

Arief mengatakan, setelah nanti Kabupaten dan Kota menerima distribusi, selanjutnya akan melakukan sortir dan packing. Setelah itu, baru kemudian pada tanggal 1 Desember, mulai didistribusikan ke PPK dan PPS.

“Yang penting adalah satu hari sebelum pemungutan suara 9 Desember, logistik harus sudah sampai di TPS,” katanya.

Arief menjelaskan, jika kabut asap berlarut hingga November, memang akan mengganggu distribusi logistik yang menggunakan jalur udara. Selain itu juga, distribusi akan tersendat di daerah kepulauan dan pegunungan.

“Jika penerbangan terganggu, maka KPU akan gunakan jalur laut dan darat. Tapi, kalau di pegunungan ditempuh dengan jalur darat, risikonya akan berhari-hari untuk sampai tujuan,” katanya.

Namun, Arief mengatakan, berdasarkan laporan dari BMKG bahwa sudah mulai turun hujan di wilayah kabut asap. “Insyaallah pada akhir November sudah hujan dan bisa mereda kabut asapnya,” katanya. (bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs