Minggu, 19 Mei 2024

Maju Calon Walikota, Risma Siap Ikuti Uji Kelayakan PDIP

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya. Foto : dok. suarasurabaya.net

Tri Rismharini, Walikota Surabaya dipastikan akan ikut fit and proper test sebagai calon Walikota Surabaya melalui PDI Perjuangan. Fit and proper test rencananya akan digelar secara langsung oleh DPP PDI Perjuangan dan dilakukan di kantor DPD PDI Perjuangan Jl Kendangsari, Surabaya pada hari Sabtu (9/5/2015).

“Bu Risma sudah mendaftar secara resmi melalui DPP lima hari yang lalu, saat ini berkas pendaftarannya juga sudah dikirimkan dari DPP ke DPD Jawa Timur untuk kita tindaklanjuti,” kata Kusnadi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, ketika berbincang dengan suarasurabaya.net, Jumat (8/5/2015).

Sesuai Surat Keputusan bernomor No 031-A/TAP/DPP/V/2011 tentang mekanisme pendaftaran calon kepala daerah dari PDI Perjuangan, calon kepala daerah bisa mendaftar melalui tiga saluran yaitu DPC Kabupaten/Kota; DPD Provinsi; serta DPP PDI Perjuangan. Sedangkan Risma sendiri memilih untuk mendaftar melalui DPP PDI Perjuangan.

Menurut Kusnadi, setelah resmi mendaftarkan diri, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan Risma adalah mengikuti serangkaian proses diantaranya mengikuti fit and proper test yang akan digelar DPP bersamaan dengan calon dari 19 daerah se Jawa Timur yang memang akan mengikuti pilkada secara serentak.

Selain fit and proper test, PDI Perjuangan saat ini juga sudah mulai melakukan survei untuk mengetaui popularitas dan elektabilitas para calon yang mendaftarkan diri melalui PDI Perjuangan termasuk di dalamnya survei terhadap Tri Rismaharini.

Untuk Pilwali Surabaya sendiri, kata Kusnadi, saat ini ada dua calon yang sudah mendaftarkan diri yaitu Tri Rismaharini yang mendaftarkan diri melalui DPP, serta Wisnu Sakti Buana yang mendaftarkan diri melalui DPC Kota Surabaya. (fik/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs