Rabu, 15 Mei 2024

Mendagri Optimis Pemilu 2019 Sudah Gunakan E-Voting

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Tjahyo Kumolo Menteri Dalam Negeri ketika membuka Raker Pencatatan Sipil di Grahadi, Selasa (6/10/2015) malam. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Tjahyo Kumolo, Menteri Dalam Negeri memastikan pemilihan umum pada tahun 2019 akan menggunakan mekanisme elektronik voting (E-Voting). Menurut Tjahyo, berbagai persiapan mulai saat ini terus dialakukan untuk mendukung E-Voting dalam pemilu.

“Nanti 2019 pada pileg target kita ada dua E-Voting,” kata Tjahyo, ketika membuka rapat kerja nasional pencatatan sipil tahun 2015 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (6/10/2015).

Menurut dia, dua E-Voting yang nanti akan diterapkan pada pemilu 2019 yang pertama adalah pemilu secara nasional untuk pemilihan presiden, lantas pemilihan DPR dan DPD.

Sedangkan untuk E-Voting kedua adalah pemilihan gubernur dan bupati/walikota serta DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Nanti akan kita coba di pilkada serentak pada 2017, kita akan coba di masing-masing provinsi mungkin ada 3 atau 4 daerah,” ujarnya.

Untuk mendukung pelaksaan E-Voting ini, Kementerian Dalam Negeri saat ini mendorong seluruh dinas kependudukan dan catatan sipil di seluruh daerah di Indonesia segera menyelesaikan E-KTP yang ditargetkan pada 2016 ini sudah akan rampung. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
33o
Kurs