Rabu, 24 April 2024

Mulai Hari Ini, Sidoarjo, Malang dan Sumenep Dipimpin Pj Bupati

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Prosesi pelantikan (dari kiri) Sudharmawan, Pj Bupati Sumenep; Hadi Prasetyo, Pj Bupati Malang; dan Jonathan, Pj Sidoarjo di Grahadi, Senin (2/11/2015). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Soekarwo Gubernur Jawa Timur melantik tiga Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo, Malang dan Sumenep. Pelantikan dilakukan untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di tiga daerah itu karena proses pemilihan kepala daerah baru akan dilakukan secara serentak pada 9 Desember mendatang.

“Karena pilkada baru akan dilakukan 9 Desember jadi perlu dilakukan pengisian jabatan di tiga daerah Sidoarjo, Malang dan Sumenep,” kata Soekarwo, ketika melakukan proses pelantikan di Gedung Negara Grahadi, Senin (2/11/2015).

Tiga Pj yang dilantik adalah Jonathan Judianto, sebagai Pj Bupati Sidoarjo. Jonatan diangkat sebagai Pj berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 1 Oktober bernomor 131.35-5497/2015.

Selain itu juga Hadi Prasetyo, diangkat sebagai Pj Bupati Malang. Hadi Prasetyo yang kini juga menjabat sebagai asisten bidang perekonomian pemerintah Jawa Timur diangkat sebagai Pj Bupati berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 1 Oktober bernomor 131.35-5509/2015.

Sedangkan untuk Pj Bupati Sumenep dijabat oleh Sudharmawan yang diangkat berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 1 Oktober bernomor 131.35-5503/2015.

Soekarwo berharap, tiga Pj bisa langsung bekerja untuk melanjutkan proses pembangunan di tiga daerah tersebut. “Yang pertama harus dilakukan adalah berkoordinasi dengan forum pimpinan daerah, setelah itu pembahasan APBD harus disegerakan,” kata Soekarwo.

Sebagai Pj, Soekarwo juga berharap ketiganya mampu menjaga netralitas PNS dalam pelaksanaan pilkada yang ada di lingkungan masing-masing.

“Saya juga berpesan, tiga Pj ini untuk langsung mengecek kodisi beras yang ada di subdivre bulog. Saat ini musim tanam molor jadi stok beras harus diperhatikan,” kata dia.

Sementara itu, dengan pelantikan ini, berarti sudah ada 18 daerah di Jawa Timur yang telah memiliki Pj Bupati/Walikota. Mereka ini dilantik sebagai Pj karena 18 daerah harus mengikuti pilkada secara serentak pada 9 Desember 2015 mendatang. (fik/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs