Minggu, 19 Mei 2024

Musywil Muhammadiyah Jatim akan Gunakan Electronic Voting

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Musyawarah Wilayah Muhammad Jawa Timur ke 15 yang akan digelar di Unversitas Muhammadiyah Sidoarjo pada tanggal 14-15 November akan menggunakan mekanisme electronic voting.

“Musywil kali ini memang berbeda dengan biasanya karena akan menggunakan mekanisme elektronik,” kata Nadjib Hamid, Sekretaris Wilayah Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur, Jumat (13/11/2015).

Proses pemilihan akan dilakukan dimana 1.200 peserta akan memilih 13 dari 54 calon yang telah terverifikasi. Selanjutnya, 13 nama yang telah terpilih dengan mekanisme elektronik ini otomatis akan menjadi tim formatur dan merekalah yang menentukan struktur pengurus termasuk menentukan Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur untuk periode lima tahun yang akan datang.

Menurut Nadjib, peserta Musywil kali ini terdiri dari 12 orang perwakilan PW Muhammadiyah, 14 pimpinan wilayah organisasi otonom, 38 ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah, perwakilan utusan daerah, serta 900 utusan Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Jawa Timur.

“Penggunaan elektronic voting sebenarnya pernah kita lakukan pada Musywil sebelumnya, tapi saat itu belum sempurna,” ujar Nadjib.

Nadjib berharap, penggunaan mekanisme elektronic voting mampu menekan kegaduhan seperti yang sering terjadi pada mekanisme pemilihan manual. (fik/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs