Selasa, 7 Mei 2024

Pakde Karwo Memastikan Jokowi akan Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Soekarwo Gubernur Jawa Timur memastikan apel peringatan hari Pahlawan 10 November yang akan digelar di Tugu Pahlawan akan dipimpin langsung oleh Joko Widodo Presiden.

“Kita sudah lama berkirim surat tapi baru tahun ini disetujui pemerintah pusat,” kata Soekarwo, ketika ditemui, Jumat (6/11/2015).

Soekarwo mengatakan, presiden jadi inspektur upacara merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah. Sebelumnya, upacara peringatan 10 november tak pernah dihadiri pejabat dari pusat, jangankan Presiden, Menteripun tidak pernah hadir.

“Ini bukti jika secara fisik peringatan hari pahlawan ini diakui, apalagi ini Presiden langsung yang datang,” kata dia.

Peperangan yang memadukan antara kekuatan rakyat, santri dan tentara pada 10 November 45 merupakan sesuatu yang kini telah mendapatkan pengakuan. Bahkan resolusi jihad sebagai cikal bakal lahirnya pertempuran 10 November, saat ini juga telah diakui sebagai hari Santri Nasional.

Sementara itu kedatangan Jokowi Presiden dalam puncak peringatan hari Pahlawan 10 November juga akan diikuti sejumlah Menteri.

Sesuai jadwal, Jokowi akan mulai tiba di Surabaya pada tanggal 9 November pukul 22.00 WIB dan akan menginap di sebuah hotel di Surabaya.

Pada tanggal 10 November tepatnya pukul 08.00 WIB, Jokowi akan menjadi inspektur upacara puncak peringatan hari Pahlawna 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya. (fik/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs