Sabtu, 18 Mei 2024

Panwaslih Segera Verifikasi Faktual Dokumen Persyaratan Paslon

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rapat Panwaslih. Foto: Denza/Dok. suarasurabaya.net

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya masih melakukan tahap penelitian dokumen persyaratan dua pasangan calon (paslon) Pilwali Kota Surabaya 2015.

Satu atau dua hari lagi Tim Panwaslu dan KPU Kota Surabaya akan melakukan verifikasi faktual terhadap semua dokumen persyaratan paslon yang telah diterima oleh KPU Kota Surabaya.

Sofwan Penanggungjawab Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panwaslih Surabaya mengatakan, pihaknya baru melakukan penelitian awal terhadap berkas persyaratan dua Paslon Pilwali Kota Surabaya 2015.

“Masih penelitian, belum ada hasil, masih berlangsung,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Jumat (15/8/2015).

Penelitian ini untuk sementara menunggu kedatangan Anggota KPU Kota Surabaya yang masih berada di Jakarta.

“Pak Wahyu (Ketua Panwaslih Kota Surabaya–Red) juga ada di sana (Jakarta–Red),” katanya.

Setelah melakukan penelitian, Panwaslih dan KPU Kota Surabaya akan segera melakukan verifikasi faktual, yaitu uji kebenaran dokumen di lapangan.

“Misalnya untuk persyaratan ijazah, kami akan cek langsung ke sekolahnya. Demikian juga untuk dokumen yang asalnya dari Jakarta, ya kami akan ke sana,” paparnya.

Penelitian dan verifikasi faktual dokumen persyaratan pasangan calon ini untuk seluruh persyaratan pencalonan yang tertuang di PKPU Nomor 12 Tahun 2015. (den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs