Sabtu, 1 Juni 2024

Terlalu Bersemangat, KPU Nyatakan Berkas Rasiyo-Lucy Memenuhi Syarat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
"Ini asli, asli!" Ujar Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN kepada hadirin pendukung paslon Rasiyo-Lucy di KPU Kota Surabaya, Selasa (8/9/2015). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Pembukaan kembali pendaftaran pasangan calon hari pertama, Selasa (8/9/2015), di KPU Kota Surabaya berlangsung cepat.

Sekitar pukul 14.41 WIB pasangan calon Rasiyo-Lucy Kurniasari dari Partai Demokrat dan PAN tiba KPU Kota Surabaya. Pukul 15.30 WIB KPU telah menyatakan berkas paslon diterima dan telah lengkap.

Sebelum menyerahkan dokumen persyaratan, Zulkifli Hasan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sempat menunjukkan surat rekomendasi asli PAN untuk pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari yang dia bawa kepada hadirin dan wartawan.

Dengan bersemangat Ketua MPR RI itu menyerukan bahwa surat tersebut asli. “Ini Asli, Asli!” kata pria yang biasa dipanggil Bang Zul ini.

Tidak hanya itu. Di hadapan Komisioner KPU Kota Surabaya Bang Zul membubuhkan stempel basah di atas berkas surat rekomendasi tersebut.

Setelah memeriksa berkas persyaratan, Robiyan Arifin Ketua KPU Kota Surabaya mengatakan bahwa berkas persyaratan paslon Rasiyo-Lucy telah diterima dan memenuhi syarat.

Padahal penetapan berkas pasangan calon seharusnya baru dilakukan setelah adanya penelitian berkas persyaratan pasangan calon.

Ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, Robi mengatakan bahwa yang betul bukan memenuhi syarat tapi berkas tersebut ada.

“Bukan memenuhi syarat, yang betul berkas itu ada,” ujarnya kepada wartawan, Selasa sore.

Mengenai berkas persyaratan pencalonan, Robi mengatakan seluruh berkas pasangan Rasiyo-Lucy sudah lengkap.

Sementara berkas persyaratan calon Lucy Kurniasari, antara lain Surat Keterangan Pailit dari Pengadilan Niaga masih belum diserahkan.

Setelah pendaftaran, KPU akan menggelar tes kesehatan di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo.

Selanjutnya tahapan dilanjutkan dengan penelitian berkas kemudian penetapan pasangan calon pada tanggal 24 September 2015. (den/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 1 Juni 2024
29o
Kurs