Sabtu, 4 Mei 2024

Watimpres Petakan Kerawanan Pilkada di Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Pemilihan kepala daerah serentak di Jawa Timur dapat pantauan langsung dari Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).

Subagyo Hadi Siswoyo (HS) anggota Watimpres bidang keamanan dan pertahanan bahkan secara khusus juga ke Jawa Timur untuk melihat proses pemilihan kepala daerah serta meminta masukan dari pemerintah setempat.

“Ada beberapa isu yang sengaja saya gali dari Jawa Timur khususnya terkait potensi kerawanan pilkada,” kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat tiga presiden era Soeharwo-BJ Habibi dan Abdurrahman Wahid ini, usai bertemu dengan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Selasa (8/9/2015).

Pantauan langsung pilkada di daerah ini, selanjutnya akan dia berikan kepada Presiden sebagai pertimbangan untuk pengambilan kebijakan.

Sementara itu Saifullah Yusuf kepada Watimpres mengatakan, secara umum proses pilkada di Jawa Timur sangat kondusif.

Ada beberapa yang dulunya pernah terjadi kerusuhan seperti di Tuban dan Mojokerto, namun untuk pilkada kali ini seluruhnya masih tergolong aman. “Aman, memang dulu pernah rusuh seperti Tuban dan Mojokerto, tapi saat ini aman,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul juga mengatakan, untuk keamanan dan stabilitas Jawa Timur jelang pilkada serentak, pemerintah Jawa Timur juga telah bekerjasama dengan Kepala Polda Jawa Timur dan Panglima Kodam V/brawijaya. Berbagai skenario pengamanan juga telah dirumuskan. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs