Rabu, 8 Mei 2024

Ahok Bisa Tergelincir oleh Lidahnya Sendiri

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Beberapa pengamat politik mengatakan, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) bisa tergelincir lidahnya sendiri kalau bakal calon Gubernur DKI petahana itu tidak bisa mengontrol omongannya.

Ahok disarankan jangan mengutip ayat suci dari kitab agama lain, kalau tidak paham atau hanya mendengar sepotong-sepotong dari orang lain karena urusannya bisa panjang.

Pesan itu diantaranya disampailan Siti Zuhro peneliti senior dan pengamat politik lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Kata Siti Zuhro, Ahok saat ini sedang bermasalah dengan MUI karena dianggap melecehkan al quran ketika berpidato di depan nelayan pulau Seribu.

“Kalau secara pribadi Ahok tidak menyukai ayat ini, tidak masalah. Karena ketidaksukaannya itu disampaikan di muka umum, persoalannya jadi lain,” kata dia.

Ini masalah sensitif akan menjadi catatan di kalangan umat Islam meskipun Ahok sudah meluruskan dan minta ucapannya tidak dipolemikkan supaya tidak menimbulkan kegaduhan.

Ruhut Sitompul tim sukses pasangan Ahok Djarot menjamin ke depannya Ahok akan lebih selektif dalam membuat pernyataan. “Dari lubuk hati Ahok yang dalam tidak ada niat untuk melecehkan apalagi menyalahkan al quran,” kata Ruhut.

Sementara pasangan Agus-selvi dan pasangan Anies-Sandiaga Uno menyatakan tidak tertarik mengomentari ucapan Ahok, biar rakyat sendiri yang menilai.

Muhaimin Iskandar ketua umum PKB salah satu partai pengusung pasangan Agus-Selvi sedang menyiapkan strategi untuk memenangkan Agus dalam satu putaran.

Dari hasil survei 3 pasangan kandidat oleh LSI pasangan Ahok-Djarot memuncaki peringkat dengan elektabilitas 31,4 persen. Peringkat kedua diisi oleh Anies-Sandiaga dengan elektabilitas 21,1 persen. Kemudian di posisi ketiga ada Agus-Sylviana dengan elektabilitas 19,3 persen. Responden yang belum menentukan pilihan sebesar 28,2 persen. (jos/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
31o
Kurs