Senin, 6 Mei 2024

Ignasius Jonan Disebut Bakal Maju Pilgub Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Eddy Soeparno, Sekjen DPP PAN ketika berbincang dengan media di Surabaya, Selasa (9/8/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Pemilihan Gubernur Jawa Timur memang baru berlangsung pada tahun 2018. Namun beberapa tokoh mulai dari politisi, artis hingga mantan menteri terus bermunculan. Bahkan terakhir nama Ignasius Jonan juga mulai muncul.

“Beliau (Jonan) figur yang menarik karena dikenal mampu membalikkan keadaan dari yang tadinya negatif menjadi positif. Compang camping menjadi tertib teratur,” kata Eddy Soeparno, Sekjen DPP PAN ketika berbincang dengan media di Surabaya, Selasa (9/8/2016).

Eddy mengatakan, Jonan juga memiliki rekam jejak yang cukup baik. Apalagi, Jonan juga besar di Surabaya sehingga bisa dikatakan jika Mantan Menteri Perhubungan ini merupakan orang asli Jawa Timur.

Jonan selama ini juga dikenal mampu melakukan adaptasi dengan baik, dari pengusaha kemudian jadi Dirut PT KA lantas jadi Menteri. Hanya karier politik sebagai kepala daerah memang belum dia lakukan.

Meski begitu, untuk menentukan siapa calon yang akan diusung oleh PAN, tetap akan ditentukan melalui mekanisme partai termasuk dengan melihat hasil survei.

“Calon juga harus sejalan dengan PAN. Tentu yang kita utamakan kader internal,” kata dia.

Untuk kader internal, Eddy menyebut ada tiga orang yang berpeluang untuk maju dalam pemilihan gubernur Jawa Timur. Tiga orang itu adalah Suyoto, Bupati Bojonegoro; kemudian Masfuk, Ketua DPW PAN Jawa Timur sekaligus mantan Bupati Lamongan; serta Anang Hermansyah, artis sekaligus anggota DPR dari PAN.

PAN juga masih terus menghitung incumbent Saifullah Yusuf (Gus Ipul), karena Gus Ipul selama dua periode jadi Wakil Gubernur Jawa Timur selalu didukung oleh PAN. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs