Sabtu, 18 Mei 2024

MPR Minta Aksi Super Damai 212 Waspadai Penunggang Gelap

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Zulkifli Hasan Ketua MPR RI saat menggelar jumpa pers di gedung DPR-MPR, Kamis (1/12/2016), mengenai aksi super damai 212. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) minta peserta aksi super damai umat Islam di lapangan Monas 2 Desember 2016 (212) tetap berhati-hati terhadap “penumpang gelap”(pembuat kericuhan).

Pernyataan ini disampaikan Zulkifli Hasan ketua MPR RI dalam jumpa pers di gedung DPR-MPR, Kamis (1/12/2016)

“Aksi super damai besok itu bisa berlangsung damai, sejuk, tenteram tetapi tetap waspada kalau ada penunggang-penunggang gelap,karena kita sudah sepakat kalau aksi-aksi itu super damai,” ujar Zulkifli.

Dia mengajak kepada umat Islam yang melakukan aksi damai 212 besok sebagai momentum untuk membuktikan kepada seluruh dunia bahwa umat Islam sebagai mayoritas merupakan Islam yang moderat dan Rahmatan Lil Alamin

Menurut dia, aksi damai 212 yang rencananya digelar pada hari Jumat (02/12/2016) adalah aksi menyatakan pendapat yang merupakan hak konstitusional setiap warga negara yang dilindungi konstitusi seperti yang tercantum dalam UUD NRI Tahun 1945 Bab X Tentang Warga Negara dan Penduduk, Pasal 28 yang berbunyi “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan Undang-Undang.”

Zulkifli menilai bahwa aksi damai 212 adalah murni aksi untuk menuntut keadilan atas kasus penistaan agama, bukan kebencian terhadap perbedaan suku, ras apalagi agama.

MPR menurut Zulkifli, mengapresiasi kinerja Polri yang sangat cepat dan profesional serta transparan dalam penanganan kasus yang saat ini sudah sampai kepada Kejaksaan.

MPR juga mengapresiasi pertemuan silaturahmi antara MUI, panitia aksi dan aparat keamanan sehingga bersepakat aksi damai dilakukan secara damai, menjaga persatuan dan kesatuan umat.

Dia berharap, baik peserta aksi dan aparat keamanan, tetap menjaga komitmen untuk tertib dan damai.

“MPR berharap semua pihak baik panitia aksi, peserta aksi dan aparat keamanan menjaga komitmen kesepatakan bersama agar aksi damai berlangsung tertib dan damai. Dan selalu waspada terhadap pihak-pihak yang berpotensi menganggu jalannya aksi damai,” ujar dia.(faz/den/jos)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs