Kamis, 25 April 2024

Mengawali Tugas, Plt Gubernur DKI Sambangi KPU Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Soni Sumarsono Plt Gubernur DKI (kiri), Sumarno Ketua KPU DKI (tengah), Betty Epsilon Idrus (Komisioner KPU DKI), koordinasi soal Pilkada 2017, Jumat (28/10/2016). Foto: Farid suarasurabaya.net

Soni Sumarsono Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Jumat (28/10/2016), mulai aktif menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang cuti kampanye.

Di hari pertama sebagai Plt, Sumarsono mengunjungi Kantor KPU DKI Jakarta. Sekitar pukul 10.00 WIB, Sumarsono tiba, dan langsung diterima Sumarno, Ketua KPU DKI Jakarta.

Sumarsono mengatakan, kunjungannya ini selain bersilaturrahim, juga untuk koordinasi persiapan penyelenggaraan Pilkada DKI 2017.

Dalam pertemuan itu, Sumarsono meminta laporan perekaman KTP Elektronik yang menjadi syarat ikut Pilkada, dan juga menanyakan soal data pemilih DKI.

“Dari laporan yang kami terima, KPU DKI Jakarta sudah benar-benar siap menyelenggarakan Pilkada 2017. Kalau ada kekurangan, kita maklumi bersama,” ujarnya.

Soal perekaman KTP elektronik yang masih kurang sekitar 100-300 ribu warga, Plt Gunernur DKI berharap bisa dirampungkan dalam waktu sebulan.

“Mudah-mudahan Jakarta bisa jadi model yang baik buat pelaksanaan Pilkada di Indonesia,” ujarnya.

Pejabat eselon I Kemendagri ini juga mengingatkan, jangan sampai ada warga yang kehilangan hak pilih, karena belum punya KTP elektronik.

“Kalau belum punya KTP elektronik, bisa menggunakan surat keterangan dari Dinas Dukcapil, sehingga warga itu tidak kehilangan hak untuk memilih,” katanya.

Selain itu, Sumarsono juga menyinggung soal kebersihan lingkungan dalam masa kampanye.

Dia meminta, KPU dan Bawaslu mengawasi pemasangan alat peraga kampanye, supaya tidak mengotori ruang publik. (rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs