Jumat, 19 April 2024

Mohammad Saleh Gantikan Irman Gusman Sebagai Ketua DPD RI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Paripurna Luar Biasa di gedung DPD RI, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (11/10/2016). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Mohammad Saleh Anggota DPD RI akhirnya terpilih untuk menggantikan Irman Gusman. Mekanisme pemilihan Ketua DPD RI ini dilakukan dua kali dalam rapat paripurna luar biasa.

Dalam pemungutan suara (Voting) yang pertama yaitu voting pengganti kekosongan pimpinan DPD, Saleh mendapat suara terbanyak, 59 suara dibanding 12 calon lainnya. Melalui voting ini, Saleh yang mewakili Indonesia wilayah Barat itu terpilih dengan suara mayoritas. Namun, tidak otomatis menjadi Ketua DPD RI.

Karena untuk pemilihan Ketua DPD RI, antara Mohammad Saleh, Farouk Muhammad, dan GKR Hemas harus bersaing dalam pemilihan berikutnya. Pemimpin sidang pada voting pertama ini adalah. Farouk Muhammad Wakil Ketua DPD RI, didampingi GKR Hemas.

“Diperoleh hasil suara terbanyak calon pimpinan DPD RI dari wilayah barat, yaitu atas nama Mohammad Saleh dengan 59 suara. Selamat kepada bapak,” ujar Farouk Muhammad dalam Paripurna Luar Biasa di gedung DPD RI, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (11/10/2016).

Saat penyampaian visi misi, ada satu dari 12 calon yang mundur, yakni Asmawati dari Sumatera Selatan. Sehingga suara yang terhitung sebanyak 117 orang.

Sementara itu ke 11 calonnya adalah 1. Fachrul Rozi dari Aceh (1), 2. Parlindungan Purba dari Sumut, (21), 3. Novi Chandra -Sumbar(4), 4. Intsiawati Ayus -Riau (4), 5. Abdul Gafar Usman – Riau (2), 6. Hardi Slamet Hut – Kepri (9), 7. M Syukur – Jambi (7), 8. Ahmad Kannedy – Bengkulu (1), 9. Mohamad Saleh – Bengkulu (59), 10. Hudarni Rani – Babel (3), dan 11. Andi Surya – Lampung (5), sedangkan yang abstain (1), sehingga total: 117 suara.

Sementara untuk sidang voting kedua yaitu memilih ketua DPR RI, dipimpin oleh senator termuda dan tertua, yakni Maimanah Umar selaku senator Riau kelahiran 1937, dan Riri Damayanti asal Bengkulu kelahiran 1990.

Hasil voting pemilihan ketua DPD RI ini akhirnya dimenangkan Mohammad Saleh dengan perolehan suara 61, disusul GKR Hemas dengan 31 suara, dan Farouk Muhammad dengan 23 suara. Dengan demikian, Mohammad Saleh resmi menggantikan Irman Gusman sebagai ketua DPR RI.

Sekadar diketahui, Irman Gusman sebelumnya resmi diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua DPD RI karena terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, yang selanjutnya senator asal Sumatra Barat itu ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Irman diduga terlibat perkara suap kuota impor gula.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs