Minggu, 19 Mei 2024

PKB Meradang Dua Menteri Kadernya Diberi Rapor Merah

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Maman Imanul Haq Ketua Dewan Syuro DPP PKB. Foto: islamedia

Maman Imanul Haq Ketua Dewan Syuro DPP PKB, meradang kader-kader PKB di kabinet yaitu Hanif Dhakiri adalah Menteri Ketenagakerjaan dan Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga diberi rapor merah oleh Yudi Chrisnandi Menpan RB.

Maman mempertanyakan metodologi yang digunakan Yudi untuk mengukur kenerja menteri yang menjadi wewenang presiden. “Masak menteri menilai kerja menteri. Kementriannya pasti dibaik-baikin. Ini adalah sebuah kebohongan,” kata Maman, Rabu (6/1/2016).

Menanggapi kritikan tadi, Yudi Chrisnandi Menpan RB menjelaskan, ini adalah salah satu cara untuk mendorong instasi pemerintah agar memiliki tata kelola pemerintahan yang baik, menuju tata kelola pemerintah kelas dunia, jadi hasilnya harus diumumkan.

“Rilis kenerja kabinet yang diinformasikan ke publik sudah dilaporkan pada presiden, wapres dan di sidang kabinet. Tidak ada menteri yang protes. Baik yang memperoleh nilai baik maupun yang dibawa standar. Penilaian ini tidak ada hubungan dengan reshuffle kabinet. Ada atau tidak ada reshuffle penilaian tetap dan harus dilakukan,” kata Yudi Chrisnandi.

Yudi membantah dirinya menilai kinerjanya sendiri. “Sudah tim penilai yang dibentuk berdasarkan konstitusi. Kalau ada yang meributkan, berarti orang tersebut tidak mengerti konstitusi,” kata Menpan RB.

Perlu diketahui, tindakan Yudi Chrisnandi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB), mempublikasikan kinerja sesama menteri menimbulkan kegaduhan.

Meskipun ada yang menilai hal ini wajar di era keterbukaan informasi, tapi ada yang menganggap Yudi sengaja membuat sensasi untuk menutupi kinerjanya sendiri yang buruk.

Sebelumnya, Joko Widodo Presiden sudah mengingatkan kepada para menteri agar menyelesaikan persoalan kabinet, diselesaikan dalam sidang kabinet, jangan di muka umum supaya tidak membuat gaduh dan tidak membingungkan masyarakat.(jos/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs