Rabu, 24 April 2024

Pemerintah Ingin Tuntaskan Kasus HAM tragedi 65

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Luhut Binsar Panjaitan Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan. Foto: Antara

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Politik Hukum dan Keamanan mengatakan pemerintah Indonesia ingin menyelesaikan kasus HAM berat, antara lain Tragedi 1965.

“Ada keinginan pemerintah menyelesaikan masalah HAM harus dituntaskan, kami melihat penyelesaian Tragedi 65 ini menjadi pintu masuk menyelesaikan kasus yang lain,” kata Luhut pada pembukaan Simposium Nasional Tragedi 1965 di Jakarta, lansir Antara, Senin(18/4/2016).

Dia mengatakan untuk menyelengarakan simposium tersebut bukanlah proses yang mudah, karena banyak reaksi seolah pemerintah telah dipengaruhi komunis dan lainnya.

Presiden Joko Widodo juga menginginkan kasus HAM tersebut diselesaikan. “Indonesia bangsa besar, tidak perlu dikasihani, kita dapat menyelesaikan masalah kita sendiri,” kata Luhut.

Dia berharap pada simposium itu tidak terjadi benturan-benturan antara satu kelompok dengan kelompok lain.

Agus Widjojo Gubernur Lemhanas mengatakan simposium ini menggunakan pendekatan sejarah. “Pendekatan ini lebih objektif, dan komprehensif jadi kita seperti memutar film mengenai peristiwa 65, kita akan mendengarkan apa yang terjadi sebelum peristiwa dan setelah peristiwa tersebut,” kata Agus.

Menurutnya, peristiwa pembantaian besar itu tidak turun tiba-tiba dari langit, ada sesuatu yang mendasarinya dan dilakukan secara sisemik.

Dia mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang melihat masa lalu dan mengakui kesalahannya.

Simposium tersebut dihadiri 200 orang dari segala kalangan, baik korban, pelaku, aktivis, organisasi masyarakat dan lainnya. Simposium ini akan menghasilkan rekomendasi bagi pemerintah untuk menyelesaikan tragedi tersebut.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs