Jumat, 26 April 2024

Pilih Tokoh Rasis, Trump Dikecam Demokrat dan Republik

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Demokrat, kelompok-kelompok hak sipil dan bahkan politisi Republik mengecam Presiden terpilih Donald Trump yang memilih Stephen Bannon tokoh penghasut sayap kanan sebagai penasihat kuncinya di Gedung Putih. Para pengecam menyebut pemilihan Bannon ini akan melesatkan gerakan nasionalis kulit putih ke level puncak Gedung Putih.

Dalam pemilihan anggota kabinet pertamanya sejak menang secara mengejutkan terhadap Hillary Clinton pekan lalu, Trump mengangkat Bannon sebagai kepala strategi dan penasihatnya, sedangkan orang dalam Washington Reince Priebus ditunjuk sebagai kepala staf Gedung Putih sehari sebelumnya. Trump menilai kedua orang akan berbagi tugas untuk memandu pemerintahannya sebagai “mitra yang sejajar”.

Pemilihan Priebus dianggap sebagai sinyal damai dari keinginan Trump bekerja sama dengan Kongres setelah dia dilantik pada 20 Januari. Namun dia dikecam karena memilih Bannon yang menjadi aktor di balik bergeseranya laman Breitbart News menjadi forum “alt-right”, sebuah forum online beranggotakan neo-Nazi, para pendukung supremasi kulit putih dan anti-Semit (anti-Yahudi).

“Donald Trump telah mengundang seorang nasionalis kulit putih masuk ke pososi tertinggi pemerintahan,” kata Jeff Merkley Senator Demokrat yang meminta Trump membatalkan pilihannya itu seperti dilansir Antara.

Demokrat dan kelompok kiri menyebut Bannon promotor rasisme dan kebencian terhadap wanita yang didukung kelompok supremasi kulit putih Ku Klux Klan.

“Ini hari yang menyedihkan ketika orang yang memimpin laman utama `alt-right` forum beranggotakan para nasionalis kulit putih dan para rasis anti-Semit yang memalukan akan menjadi anggota senior di rumah rakyat,” kata Jonathan Greenblatt, ketua Liga Anti-Defamasi.

Pemimpin Demokrat di DPR, Nancy Pelosi, menyatakan penunjukkan Bannon mengirimkan “sinyal berbahaya bahwa Presiden terpilih Trump tetap memiliki visi penuh kebencian dan memecah belah yang menjelaskan kampanyenya.”

Bahkan para politisi konservatif dan Republik juga menyuarakan kekhawatiran. Evan McMullin, yang pernah menjadi bakal calon presiden independen kubu konservatif, membayangkan di Twitter bahwa para pemimpin nasional Republik bakal mengutuk Banon yang anti-Yahudi itu.

John Weaver, penasihat utama Gubernur Ohio John Kasich yang menjadi salah satu lawan Trump dalam proses pemilihan calon presiden dari Partai Republik, mencuit bahwa “ekstrem kanan fasis dan rasis terwakili jejaknya di Ruang Oval (Gedung Putih). Waspadalah Amerika.”

Priebus membela pemilihan Bannon dengan menyebut Bannon sebagai orang yang bijaksana dan mantan perwira angkatan laut yang sangat terdidik. Priebus menyebut Bannon tidak terbukti berpandangan rasis atau ekstremis sebagaimana dituduh orang-orang, demikian Reuters. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs