Senin, 6 Mei 2024

Politisi Demokrat Sesalkan Tudingan Presiden Soal Aktor Politik

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Syarief Hasan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (7/11/2016). Foto : Faiz suarasurabaya.net

Syarief Hasan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat menyesalkan pernyataan Joko Widodo Presiden yang menyebut kericuhan dalam unjuk rasa 4 Nopember ditunggangi aktor politik.

“Kami menyesalkan statement itu. Sebagai presiden seharusnya tegas saja. Jangan membuat masyarakat jadi bertanya-tanya. Jadi, tokoh-tokoh politik kan banyak. Sekarang saling mencurigai nih, bisa saja partai ini, tokoh-tokoh ini, bisa saja dari orang dalam istana, kan ada juga tokoh-tokoh politik di dalam (istana),” ujar Syarief di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Menurut dia, sebaiknya presiden menyebut saja siapa aktor politik yang dimaksud dan langsung diproses hukum. Kalau tidak, pernyataan Presiden itu bisa merusak persatuan.

“Kita masyarakat kan saling curiga sekarang. Sebaiknya disebutkan saja siapa tokohnya, dan diproses hukum, karena kalau tidak diklarifikasi bisa berbahaya. Menimbulkan curiga diantara tokoh-tokoh partai, ini bisa merusak persatuan,” ujar dia.

Kata Syarief, pernyataan Jokowi tersebut juga bisa memicu impeachment kalau di pengadilan ternyata tudingan itu tidak terbukti.

“Kalau nanti di pengadilan tidak terbukti siapa tokoh yang dimaksud, pak Jokowi bisa dikatakan mencemarkan nama baik dan bisa dimasukkan pasal impeachment,” kata dia.

Syarief mengingatkan, sebagai Presiden seharusnya Jokowi berhati-hati. Lebih baik langsung diproses hukum saja, dan tidak perlu diumumkan dulu ke masyarakat demi menjaga persatuan. Tetapi kalau memang sudah telanjur diumumkan, berarti harus siap menghadapi konsekuensinya.

“Sebagai presiden harus hati-hati, diproses hukum saja (jangan diungkap dulu). Tapi kalau sudah diumumkan ya tentu harus menghadapi konsekuensi,” ujar Syarief. (faz/tit)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs