Jumat, 3 Mei 2024

Secara Matematis Hillary Clinton Pemenang Pemilu 8 November

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Hillary Clinton saat berkampanye. Foto : Reuters

Posisi Hillary Clinton Calon Presiden Amerika Serikat usungan Partai Demokrat, lebih kuat dibandingkan dengan hasil jajak pendapat. Hal itu mengingat pemungutan suara ditentukan oleh sistem Electoral College yang menyimpulkan kemenangan berbasis negara bagian.

Memenangkan Pemilu Presiden membutuhkan mayoritas 270 suara elektoral dan saat ini Demokrat telah membangun fondasi kuat di negara bagian-negara bagian besar seperti California dan New York yang secara tradisional memilih Demokrat.

Menurut RealClearPolitics, Hillary sepertinya akan memenangkan paling sedikit 226 suara elektoral yang berarti dia tinggal menjemput suara dari negara bagian-negara bagian bersuara mengambang seperti Florida, North Carolina, Virginia, Ohio, Iowa, Arizona, Colorado dan Nevada.

Sebaliknya Trump diperkirakan terjamin memenangkan 180 suara elektoral sehingga dia membutuhkan suara lebih banyak dari negara bagian-negara bagian dengan suara pemilih mengambang.

Dilansir Antara, kedua kandidat memusatkan kampanye mereka ke negara bagian-negara bagian yang menjadi penentu kemenangan Pemilu, salah satunya Florida.

Oleh karena itu, Trump dan Hillary berkampanye secara ekstensif di Florida yang memiliki jatah 29 suara elektoral. Namun menurut RealClearPolitics, rata-rata jajak pendapat menempatkan Trump unggul tipis 0,7 poin dari Hillary di negara bagian ini, demikian Reuters. (ant/tit)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs