Senin, 29 April 2024

Setnov Tak Masalah Bolos di DPR dan Absen Rapat dengan Presiden

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Setya Novanto. Foto: Faiz/Dok. suarasurabaya.net

Setya Novanto Ketua Fraksi Partai Golkar membolos dan tak masuk kantor, karena memilih hadir di acara silaturahmi dengan pengurus DPD Golkar Jawa Timur, Senin (22/2/2016). Bahkan, gara-gara acara itu, Novanto juga tak hadir saat DPR RI melakukan rapat konsultasi denganJoko Widodo Presiden terkait RUU KPK di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurut. Roemkono Kolega Novanto di Fraksi Partai Golkar, yang dikenal sebagai Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, tak ada masalah bila Setya Novanto membolos. Menurut dia, menjadi calon ketua umum Golkar adalah kepentingan rakyat. Sehingga membolos untuk itu tak masalah, karena demi kepentingan rakyat.

“Tak masalah dia bolos. Kan ini demi kepentingan rakyat,” kata Roem Kono saat ditanya wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Menurut dia, memang setiap anggota DPR RI tak boleh meninggalkan tugasnya di DPR saat hari kerja. Namun ada pengecualian, yakni apabila ada surat izin yang dikeluarkan oleh pimpinan fraksi yang bersangkutan. Begitupun dengan Novanto ketika hadir di acara silaturahmi di DPD Golkar Jatim itu.

“Bolos kan bisa, asal ada izin ketua fraksi. Dia Ketua Fraksi Golkar. Ya izin, teken izin sendiri,” kata Roem Kono sambil tertawa.

Sementara terkait dengan ketidakhadiran Setya Novanto di acara rapat konsultasi dengan Presiden, Roem beralasan Setya baru tahu soal itu setelah dirinya ada di Surabaya.

“Waktu di Surabaya, ditelepon disuruh hadir ke Istana. Mau bagaimana? Kalau undangan tidak mendadak, ya pasti sudah siap,” ujar dia.

Teguh Juwarno Wakil Ketua BKSAP DPR RI ketika dikonfirmasi, membenarkan bahwa perwakilan Fraksi Partai Golkar di rapat konsultasi dengan Jokowi Presiden bukanlah Setya Novanto. Aziz Syamsuddin Sekretaris fraksi juga tidak hadir. Mewakili Fraksi Golkar adalah Bobby Rizaldi.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs