Minggu, 5 Mei 2024

DPP PKB Serahkan Pilgub DKI Putaran Kedua pada DPW PKB DKI Jakarta

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Muhaimin Iskandar ketua umum PKB usai meresmikan pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Fraksi PKB DPRD se-Jawa Timur di hotel Melineum jakarta, Senin (13/3/2017) malam. Foto: Jose suarasurabaya.net

Muhaimin Iskandar ketua umum PKB menegaskan, sikap DPP menghadapi Pilgub DKI putaran kedua diserahkan sepenuhnya kepada DPW PKB DKI Jakarta.

“Apapun yang diputuskan DPW DKI, DPP akan menghormati,” kata Muhaimin usai meresmikan pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Fraksi PKB DPRD se-Jawa Timur di hotel Melineum jakarta, Senin (13/3/2017) malam.

Sikap DPP ini berbeda dengan Pilgub DKI Jakarta putaran pertama yang terang-terangan mendukung paslon Agus Harimurti-Silvy bersama Partai Demokrat, PAN dan PPP.

Koalisi Demokrat, PKB, PAN dan PPP menjadi tidak jelas setelah paslon yang didukungnya terhenti di putaran pertama. Sedangkan pasangan Ahok-Djarot dan pasangan Anies-Sandi akan bertarung lagi di putaran dua.

Muhaimin menampik anggapan sikap DPP PKB yang abu-abu ini karena takut dikeluarkan dari partai koalisi pendukung pemerintah.

Selain DPP PKB, partai koalisi pendukung Agus Harimurti lainnya sampai sekarang belum bersikap akan mengalihkan suaranya kemana pada Pilgub DKI putaran kedua 19 April 2017 mendatang.

Dilihat dari dinamika di lapangan menunjukkan arus bawah partai koalisi pendukung Agus-Silvy cenderung akan memberikan suaranya kepada pasangan Anies-Sandi meskipun ada yang menyeberang ke Ahok.

Siti Zuhro pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memahami sikap ewoh pakewoh yang diperlihatkan DPP PKB, PAN dan PPP pada putaran kedua Pilgub DKI.

Karena tiga partai ini merupakan anggota partai koalisi pendukung pemerintah di bawah komando PDI Perjuangan. Dan masing-masing mendapat jatah menteri di kabinet Jokowi-JK.

Sedang DPP PDI bersama Nasdem, Hanura dan partai Golkar merupakan pengusung Ahok.

Kata Siti Zuhro, partai koalisi pemerintah yang dulunya mendukung Agus-Silvy sekarang membuat kalkulasi mendukung Anies-Sandi atau kehilangan kursi menteri di kabinet.

“Supaya selamat, urusan Pilgub DKI putaran kedua diserahkan ke wilayah, tentunya dengan tetap mengikuti arahan DPP. Itu saja persoalannya,” kata pakar politik LIPI.

Badrut Tamam wakil ketua PKB Jatim menjelaskan Bimtek yang diikuti seluruh fraksi PKB DPRD se-Jatim 2017 untuk menyamakan persepsi dalam mengambil kebijakan.

Bimtek FKB DPRD se-Jatim sengaja diselenggarakan di Jakarta untuk memudahkan narasumber yang seluruhnya berada di Jakarta diantaranya Menaker, Menpora, Menteri Pembangunan Desa.

Bimtek FPKB akan berakhir hari ini, Selasa (14/3/2017). (jos/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs