Minggu, 5 Mei 2024

DPR Gelar Gladi Bersih Kunjungan Raja Salman

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Persiapan-persiapan DPR menyambut kedatangan Raja Salman. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Raja Salman bin Abdul Azis Al Saud, Raja Saudi Arabia akan mengunjungi DPR RI, Kamis (2/3/2017). Persiapan-persiapan DPR menyambut kedatangan Raja Salman terus dilakukan, di antaranya pemasangan karpet baru, kursi baru untuk Raja Salman yang disesuaikan dengan postur tubuhnya, pemasangan pagar-pagar besi ringan di jalur masuk gedung Nusantara, serta pembersihan area gedung dan dalam gedung.

Gladi bersihpun juga dilakukan dimana Raja Salman diperankan staf dari Setjen DPR RI. Sedang Setya Novanto Ketua DPR didampingi Fahri Hamzah Wakil Ketua DPR.

Dalam gladi bersih ini, Ketua DPR yang menyambut Raja Salman di Plasa gedung Nusantara ketika Raja tersebut turun dari mobil. Dari Plasa Nusantara itu, Setya Novanto dan Raja Salman berjalan dan naik lift ke lantai 2 kemudian berjalan masuk ke ruang gedung Nusantara yang biasa dipakai untuk sidang paripurna.

Di pintu masuk ruang gedung Nusantara Raja Salman didampingi Ketua DPR RI disambut oleh Ketua MPR RI, Ketua DPD RI, dan Wakil Ketua DPR RI.

Setelah duduk, Setya Novanto menyampaikan pidato disusul kemudian Raja Salman juga menyampaikan pidatonya. Setelah keduanya berpidato, acara diakhiri dengan sesi foto bersama. Setelah itu Ketua DPR mengantarkan Raja Salman sampai masuk ke mobil dan meninggalkan gedung DPR RI.

Setya Novanto mengucapkan terima kasih kepada tim protokol kenegaraan yang telah mempersiapkan acara penyambutan raja Salman ini.

“Tadi saya dengan pak Fahri dari detik per detik sudah kita hitung berapa menit berapa detik jalannya, mulai dari penerimaan tamu sampai dengan naik lift, sampai pada acara pokoknya dan saya terima kasih kepada seluruh tim dari protokol kenegaraan Saudi Arabia dan juga Menlu, dan juga kesekjenan semua sudah siap,” ujar Setya Novanto usai acara galdi bersih acara kunjungan Raja Salman, di Gedung Nusantara, Selasa (28/2/2017).

Sementara Fahri Hamzah menjelaskan kalau persiapan fisik sudah hampir 100 persen, anggota-anggota DPR, pimpinan-pimpinan lembaga, serta tamu lainnya juga sudah diberi undangan.

“Persiapan fisiknya sudah hampir 100% tinggal nanti persiapan acara bagaimana supaya prosesi acaranya oke, tetapi itu juga tidak ada masalah. Kita sudah siap, protokolnya sudah siap dengan pemandu acaranya. Pimpinan lembaga juga sudah kontak, sudah oke semua, anggota (DPR) juga sudah diumumkan, sudah diberikan undangan,” kata Fahri.

Dia menegaskan, tamu yang akan hadir dalam acara kunjungan Raja Salman ke DPR RI sekitar 1.500 orang.

“Yang akan hadir lebih kurang 1.400 sampai 1.500. Dari masyarakat juga akan hadir. Insya Allah kita sambut tamu kita dengan semeriah mungkin sebab itulah adab orang timur, orang Indonesia memuliakan tamu. Kedatangan beliau dengan usia yang sudah sepuh tentu akan kita sambut dengan sebaik-baiknya supaya menyenangkan dan mudah-mudahan setelah itu terjalin kerjasama kedua bangsa ini,” kata dia.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs