Selasa, 7 Mei 2024

Komisi I Menunggu Penugasan untuk Fit And Proper Test Calon Panglima TNI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) calon tunggal Panglima TNI. Foto: Istimewa

Abdul Kharis Almasyhari Ketua Komisi 1 DPR RI menghargai langkah yang dilakukan Joko Widodo (Jokowi) Presiden yang telah membawa surat pengajuan pergantian Panglima TNI kepada pimpinan DPR RI.

Untuk itu Kharis akan menunggu penugasan pimpinan DPR RI untuk proses selanjutnya yaitu uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

“Saya sebagai Ketua Komisi 1 DPR RI menunggu proses di Pimpinan DPR RI dan Badan Musyawarah apakah surat segera diproses sehingga sebelum masa reses ini kita sudah bisa melakukan fit and proper test, sebagaimana tugas Komisi 1 DPR RI,” ujar Kharis dalam pesan singkatnya, Senin (4/12/2017)

Presiden telah mengirim nama pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun Maret 2018 mendatang. Menurut Kharis, Komisi I DPR yang bermitra dengan TNI sifatnya menunggu surat Jokowi tersebut.

“Saya secara pribadi sangat berterima kasih kepada Pak Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dedikasi, kesungguhan profesionalisme dan kecakapan beliau memimpin TNI semoga dilanjutkan dan dikembangkan oleh penerus estafet kepemimpinan yang baru nanti,” ujar Kharis anggota DPR RI dari fraksi PKS ini.

Sebelumnya, Jokowi hanya mengirim satu nama yaitu Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi calon tunggal Panglima TNI untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I DPR.

“Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kalau dilihat masa dinasnya di antara Kepala Staf angkatan termasuk yang masih lama. Rekam jejak beliau sebagai KSAU juga bagus seperti keberhasilannya merevitalisasi alutsista TNI AU lebih modern dan tangguh sesuai jamannya,” kata Kharis.

Sekarang ini, kata dia, tinggal Komisi 1 yang selanjutnya bertugas untuk segera menindaklanjuti dengan fit and proper test.

“Semua anggota DPR RI wabil khusus Anggota Komisi 1 punya hak dan kewajiban yang sama untuk menelaah, memberikan penilaian apakah menerima atau mengembalikan surat Presiden Jokowi terkait pergantian Panglima TNI ini,” ujarnya.(faz/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs