Minggu, 5 Mei 2024

Sekjen dan BK DPR Harus Sinergi Perkuat Parlemen

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Setya Novanto saat memberi sambutan pada peresmian nama Gedung Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (24/1/2017). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Setya Novanto Ketua DPR RI berharap keberadaan Badan Keahlian (BK) DPR RI dapat meningkatkan mutu dan tugas-tugas parlemen terutama pada bidang legislasi dan pengaggaran sekaligus menjadikan lembaga perwakilan rakyat ini sebagai parlemen modern.

Hal itu dikatakan Setya Novanto saat memberi sambutan pada peresmian nama Gedung Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (24/1/2017). Hadir tiga Wakil Ketua DPR RI masing-masing Fadli Zon (Gerindra), Agus Hermanto (Demokrat), dan Fahri Hamzah (PKS). Selain itu, hadir juga pejabat teras serta pegawai Sekjen dan anggota Badan Keahlian DPR RI.

Dengan adanya dua lembaga ini, kata Novanto, maka ke depan diharapkan tidak ada lagi ego sektoral. Baik kesekjenan dan Badan Ahli DPR RI sehingga sama-sama mendukung parlemen untuk meningkatkan kualitas terutama dalam fungsi legislasi dan penganggaran sehingga parlemen modern yang menjadi harapan kita bisa terwujud.

“Jadi, perubahan ini merupakan momentum penting bagi sistem di DPR RI sekaligus pengakuan terhadap Setjen dan BK DPR RI. Meski gedungnya lama tapi dengan namanya yang baru itu maka dapat menambah semangat sekretariat dan BK dalam menunjang kinerja DPR RI,” ujar Novanto.

Kepada Kesekjenan maupun BK, Novanto meminta agar kesekjenan maupun BK, jangan hanya berkonsentrasi atau berbicara kepada Ketua DPR RI, melainkan juga kepada Wakil-wakil Ketua DPR RI ikut sama-sama memimpin lembaga ini.

“Silakan berbicara dengan pimpinan atau Wakil Ketua DPR RI lainnya sehingga semua persoalan tidak bertumpuk hanya di Ketua DPR RI. Tapi, semua pimpinan DPR ikut bertanggung jawab. Dengan begitu diharapkan bobot dan arahan dari pimpinan DPR RI yang lain membuat program yang sudah ditentukan menjadi luar biasa sukses,” kata dia.

Menurut Novanto, banyak hal yang harus dibenahi baik oleh Kesekjenan maupun BK DPR RI ke depan dalam rangka mewujudkan sebagai parlemen modern.

“Membangun DPR modern itu tidak bisa hanya dilakukan pimpinan bersama anggota DPR RI, tapi harus dengan unit terkait di dalamnya seperti Kesekjenan dan BK DPR RI. Kesekjenan dan BK memang terpisah, tapi kedua badan ini merupakan lembaga yang tidak terpisahkan. Jadi, sekali lagi saya minta agar ego sektoral dihilangkan,” ujar Novanto.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs