Minggu, 5 Mei 2024

39 Lapas dan Rutan di Jatim Coblosan Serentak

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Warga binaan di Lapas Klas 2 Jombang menunggu antrean pemungutan suara Pilbub dan Pilgub 2018. Foto: Abidin surabayasurabaya.net

Sukir Kasubid Pembinaan dan Bimbingan Kemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim mengatakan, sebanyak 39 Lapas dan Rutan di Jawa Timur hari ini, Rabu (27/6/2018) melaksanakan pemungutan suara Pilkada Serentak 2018.

“Untuk seluruh Jatim berjumlah 39 Lapas dan Rutan, tengah melakukan pemilihan serentak pada hari ini,” ujar Sukir ditemui suarasurabaya.net saat monitoring di Lapas Klas 2 Jombang.

Sukir mengatakan, sejauh ini proses pencoblosan berjalan lancar di puluhan Lapas dan Rutan di Jatim. Sebab, persiapan telah dilakukan jauh hari bekerjasama dengan KPU setempat.

“Kami memantau semua unit pelaksana teknis yakni Lapas dan Rutan di Jatim tentang pemungutan suara. Sesuai yang diamanatkan Undang-undang semua warga negara yang memiliki hak pilih wajib difasilitasi. Sejauh ini terpantau lancar,” katanya.

Sementara itu, Sulistiyono Kepala Lapas Klas 2 Jombang mengatakan, persiapan pencoblosan untuk warga binaan ini telah disiapkan cukup matang. Dia berharap mudah-mudahan berjalan tertib lancar sampai selesai.

“Kami rencanakan bersama antara kami Lapas sebagai fasilitator dan KPU Jombang sebagai pelaksana. Sekarang bisa dilihat, cukup lancar,” katanya.

Menurut Sulistiyono, dalam penyiapan pencoblosan ini, pihak Lapas membantu warga binaan agar memenuhi syarat dalam Pilkada Serentak. Salah satunya dengan mengupayakan sejak jauh hari agar menghubungi keluarganya untuk mengumpulkan e-KTP.

“Jau hari kami dorong mereka untuk menghubungi keluarganya agar membawakan KTP yang masih banyak berada di rumah. Kami juga kerjasama dengan Dispenduk Jombang mencocokkan data mereka,” katanya. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs