Selasa, 21 Mei 2024

Amien Rais, Prabowo dan Tokoh-Tokoh Islam Indonesia Bertemu di Makkah

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Amien Rais Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Amien Rais Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) dan keluarganya melakukan umrah di Bulan Suci Ramadhan ini.

Hal ini disampaikan Dradjad Hari Wibowo anggota Dewan Kehormatan PAN saat menjawab pertanyaan beberapa wartawan soal benar tidaknya Amien Rais melakukan ibadah umrah.

“Benar bahwa pak Amien sedang umrah,” kata Dradjad di Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Tetapi, Dradjad menepis anggapan kalau umrahnya Amien Rais itu umrah politik. Menurutnya, umrah ini hanya karena keluarganya sering berangkat umrah saat Ramadhan.

“Saya tegaskan sekali lagi, mereka yang menyebut umrahnya pak Amien sebagai umrah politik itu keliru. Pak Amien dan keluarga itu sering berangkat umrah bulan Ramadhan. Kadang rombongannya besar, kadang kecil,” kata dia.

Kata Dradjad, tahun ini yang ikut adalah Hanafi Rais (putra sulung), Edo (Ridho Rahmadi suami Tasniem Rais), dan staf-staf pribadi Amien Rais.

“Jadi ini umrah keluarga Amien Rais,” jelasnya.

Kebetulan, kata Dradjad, Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra sedang tugas di luar negeri, dan hendak umrah Ramadhan juga. Sehingga hanya ada sedikit perbedaan tanggal umrahnya dengan Amien Rais.

“Kabar terakhir, rombongan pak Amien tadi subuh WIB sudah tiba di Madinah. Kalau mas Prabowo dan rombongan sepertinya besok baru masuk ke Tanah Suci, via Jeddah ke Makkah. Karena pak Amien besok juga sudah di Makkah, mereka berdua akan bertemu di Masjidil Haram,” tegasnya.

Selain bertemu dengan Prabowo, Amien Rais kemungkinan besar juga akan bertemu dengan Rizieq Shihab.

“Kemungkinan besar Habieb Rizieq juga akan bergabung. Apalagi pada saat yang sama, ada beberapa ustadz 212 yang juga umrah,” jelas Dradjad.

Meski bukan umraoh politik, kata dia, pertemuan Amien Rais dengan Prabowo dan tokoh-tokoh Islam ini tidak bisa bisa dihindarkan berdiskusi soal ummat maupun obrolan politik.

“Jika mereka jadi bertemu, selain diskusi tentang ummat, tentu tidak terhindarkan akan ada obrolan politik,” tegas Dradjad.

Dia juga baru saja menerima informasi kalau Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dan Arifin Ilham juga sedang beribadah umrah. Tetapi Dradjad belum tahu apakah keduanya akan bergabung dengan Amien Rais di sana.

“Baru saja saya diberi info, Aa Gym dan Ustadz Arifin Ilham juga sedang umrah. Apakah mereka juga akan bergabung, saya belum tahu. Belum dapat kabar tentang posisi mereka di Makkah atau Madinah,” pungkas Dradjad.(faz/tna/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs