Sabtu, 4 Mei 2024

Basarah, Muzani dan Cak Imin Resmi Menjadi Wakil Ketua MPR RI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sidang Paripurna MPR resmi melantik tiga Wakil Ketua MPR RI, Senin (26/3/2018). Foto: Faiz suarasurabaya

Sidang Paripurna MPR RI resmi melantik tiga wakil ketua MPR yang baru periode 2014-2019. Ketiga wakil ketua MPR tersebut masing-masing Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) MPR RI, dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa MPR RI.

Sidang pengucapan sumpah janji Wakil Ketua MPR RI ini dipimpin Zulkifli Hasan, Ketua MPR RI dan didampingi empat Wakil Ketua MPR masing-masing Hidayat Nur Wahid, Mahyudin, EE Mangindaan dan Oesman Sapta.

Sidang Paripurna pengucapan sumpah janji diawali dengan pembacaan surat penetapan ketiga Wakil Ketua MPR RI yang baru tersebut oleh Ma’ruf Cahyono Sekretaris Jenderal MPR RI.

Setelah itu, pengucapan sumpah janji dipandu oleh Hatta Ali Ketua Mahkamah Agung.

“Saudara-saudara wajib bersumpah menurut agama Islam. Apakah saudara-saudara bersedia?” tanya Hatta Ali yang dijawab “bersedia” oleh Basarah, Muhaimin dan Muzani.

Selesai pengucapan sumpah janji, Basarah, Muzani dan Muhaimin kemudian menandatangani berita acara pelantikan yang diikuti juga oleh ketua Mahkamah Agung dan Rohaniwan.

Pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Ketua Mahkamah Agung dan para pimpinan MPR RI.

Zulkifli Hasan Ketua MPR RI sebelumnya menjelaskan kalau pelantikan ketiga wakil ketua MPR RI ini merupakan amanah dari UU no 2 tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

“Dalam rangka melaksanakan UU no 2 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas UU no 17 tahun 2014 tentang MD3, MPR telah melaksanakan rapat gabungan pimpinan MPR RI dan pimpinan fraksi-fraksi di MPR dan pimpinan kelompok DPD RI. Rapat tersebut menyepakati pelantikan ketiga Wakil Ketua MPR RI tersebut,” ujar Zulkifli dalam sidang Paripurna di gedung Nusantara, Senin (26/3/2018).

Menurut Zulkifli, penambahan pimpinan MPR RI ini diberikan kepada partai yang memperoleh suara terbanyak di DPR dalam pemilihan umum tahun 2014, yaitu urutan kesatu, urutan ketiga dan urutan keenam. (faz/tna/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs