Minggu, 5 Mei 2024

Sambang Banyuwangi, Puti Soekarno Puji Kinerja Azwar Anas

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Puti Guntur Soekarno Calo Wakil Gubernur Jatim dari PDIP. Foto: Istimewa.

Puti Guntur Soekarno Calon Wakil Gubernur Jawa Timur menyatakan pengalaman Pemkab Banyuwangi yang dipimpin oleh Bupati Abdullah Azwar Anas menunjukkan bahwa pengembangan bandar udara telah terbukti memacu percepatan kemajuan ekonomi di suatu wilayah.

“Pengalaman Banyuwangi menunjukkan pembangunan bandara telah berdampak langsung untuk membuka aksesibilitas, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan ujung-ujungnya rakyat diuntungkan,” kata Puti saat berkunjung ke Banyuwangi, Sabtu (26/1/2017).

Data di Pemkab Banyuwangi menunjukkan bandara itu mulai beroperasi pada 2010 pada era Bupati Abdullah Azwar Anas. Hingga 2017, lonjakan penumpang mencapai 1.400 persen. Terminal bandara dibangun ramah lingkungan, tanpa AC kecuali bagian tertentu. Pada 2018, penumpang di Bandara Banyuwangi diperkirakan tembus 250.000 orang seiring dengan rencana penambahan frekuensi dan pembukaan rute internasional.

“Bupati Anas menunjukkan upaya keras dalam pembangunan infrastruktur, dan terbukti menuai hasil nyata, sehingga kemiskinan di sini turun, pendapatan per kapita rakyat melonjak. Gubernur dan wakil gubernur lima tahun ke depan harus lebih progresif mempercepat infrastruktur di Jatim,” kata Puti dilansir Antara.

Cucu Soekarno Presiden RI pertama itu, menyatakan sudah menyiapkan program-program strategis untuk pengembangan infrastruktur transportasi udara di Jatim, di antaranya peningkatan infrastruktur bandara di Sidoarjo, Malang, Sumenep, Jember, Banyuwangi, dan yang akan dibangun di Kediri.

“Saya dan Gus Ipul sepakat untuk mempercepat dan memperluas infrastruktur, termasuk transportasi udara. Kami juga akan percepat pengembangan landasan pacu kedua di Bandara Juanda yang akan semakin mendongkrak ekonomi di Jatim,” ujar dia.

Puti juga menyiapkan pembukaan terminal khusus pesawat berbiaya rendah di Bandara Juanda untuk menggerakkan pariwisata di Jawa Timur.

“Terkait wisata, saya dan Gus Ipul menargetkan bisa mendatangkan satu juta turis asing pada 2019 untuk semakin memberi dampak positif ke ekonomi rakyat,” katanya.

Puti menambahkan percepatan infrastruktur udara akan melengkapi pembangunan infrastruktur darat dan laut, sesuai dengan Nawacita Presiden Jokowi yang terus memperkuat daerah dan mewujudkan kemandirian ekonomi melalui sejumlah sektor strategis.

“Pak Jokowi juga bertekad membentangkan jalan tol yang membelah Jawa Timur, dari Ngawi hingga tembus Banyuwangi. Jadi akselerasi infrastruktur Jatim yang kami siapkan bersama Gus Ipul klop dengan visi Pak Jokowi,” katanya.

Puti memulai kunjungannya akhir pekan ini di Banyuwangi. Ia mengaku terkesan dengan Bandara Banyuwangi yang didesain dengan terminal hijau pertama di Indonesia.

Saat di Banyuwangi, Puti didaulat berfoto di depan bandara. Tiba di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu, Puti disambut para kader partai pengusung, relawan, dan komunitas perempuan serta anak muda.

“Bandara ini kebanggaan kami. Berkat bandara ini, arus wisatawan meningkat pesat, ekonomi bergerak. Nama Banyuwangi terangkat,” kata Made Cahyana, Ketua DPRD Banyuwangi yang juga Ketua PDIP setempat. (ant/bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs