Minggu, 28 April 2024

Satu Syarat Saja Tak Terpenuhi, Capres-Cawapres Bisa Gugur

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Prabowo-Sandi saat ter kesehatan. Foto: Antara.

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di Medical Check Up (MCU) RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Senin (13/8/2018).

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh kandidat presiden dan wakil presiden yang akan berkompetisi di Pilpres 2019 ini sama dengan apa yang dilakukan Joko Widodo dan KH Ma`ruf Amin, Minggu (12/8/2018) kemarin.

Arief Budiman Ketua KPU RI mengatakan, jika proses dan standar pemeriksaan dua pasangan Capres dan Cawapres ini sama. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu sarat saja. Karena setiap calon harus memenuhi seluruh syarat secara akamulatif.

“Satu syarat saja yang tak terpenuhi, calon akan dinyatakan gugur,” kata Ketua KPU.

Hasil pemeriksaan kesehatan dua pasangan kandidat tersebut akan diplenokan tim dokter nanti malam, setelah pemeriksaan Prabowo dan Sandiaga selesai. Selanjutnya, rekomendasi langsung diserahkan kepada pihak KPU.

Ilham Oetama Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan, tugas pokok tim yang melibatkan dokter adalah melakukan pemeriksaan, baik fisik maupun jasmani kepada bakal capres dan cawapres.

Dia menjelaskan, hasil pemeriksaan itu meliputi tentang apakah capres dan cawapres mempunyai kemampuan fisik dan rohani yang baik untuk menjalankan tugasnya.

Meskipun nantinya ditemukan suatu penyakit di salah satu capres-cawapres, hal tersebut bukanlah penentu. Menurutnya, yang terpenting adalah capres dan cawapres tersebut bisa menjalankan tugas seandainya nanti terpilih, walaupun memiliki suatu penyakit.

“Hasil medical check up bakal calon presiden dan wakil presiden ini tidak untuk dipublikasikan, tapi akan direkomendasikan kepada KPU,” kata Ketua Umum IDI tersebut.(jos/tin/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs