Jumat, 10 Mei 2024

Antusias Ikut Pemilu 2019, WNI Antre Panjang di TPS Luar Negeri

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
WNI di New York siap memilih di pemilu 2019. Foto: Dok. PPLN New York

Antrean panjang terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) luar negeri. Warga Negara Indonesia (WNI) berbondong-bondong menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum 2019, Minggu (14/4/2019).

Sejumlah pendengar Radio Suara Surabaya di luar negeri melaporkan situasi di TPS, tempat mereka melakukan pencoblosan.

Putri, WNI di New York mengatakan, antrean pemilih di KJRI 5th Avenue New York mencapai 75 meter. WNI yang datang berasal dari Philadelpia, New Jersey, New York, Ohio, dan Connecticut.

“Saya tetap semangat meski sudah menunggu sekitar 5 jam. Antrean panjang seperti hari ini belum pernah terjadi,” ujarnya.

Sementara, Billi Muchtar Ketua Panitia KPPLN San Fransisco membenarkan jika WNI sangat semangat datang ke TPS dan antrean sangat panjang.

“WNI yang datang untuk melakukan pencoblosan sekitar 200 orang. Ada WNI yang tidak terdaftar tapi mau memilih. Jika tidak menggunakan formulir A5 bisa menunjukan KTP atau paspor,” kata dia.

Kemudian, Karlina Amkas jurnalis VOA yang sudah mencoblos di TPS yang ada di rumah Dubes Indonesia di Washington DC mengatakan, PPLN memang memberi kesempatan WNI yang tidak terdaftar untuk tetap bisa jadi pemilih berbekal paspor yang masih berlaku.

Momen Pemilu di luar negeri juga menjadi ajang kumpul-kumpul WNI. Mereka menggelar pesta rakyat yang diramaikan bazar dan pameran kopi.(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
32o
Kurs