Sabtu, 27 April 2024

DPD RI Dukung Rencana Pemerintah Pindahkan Ibukota ke Kalimantan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Oesman Sapta Odang (Oso) dalam pidato sidang bersama DPR RI dan DPD RI di gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) RI mendukung rencana Pemerintah yang akan memindahkan ibukota ke Kalimantan.

Hal ini disampaikan Oesman Sapta Odang (Oso) dalam pidato sidang bersama DPR RI dan DPD RI di gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta yang dihadiri Joko Widodo Presiden Dan Jusuf Kalla Wakil Presiden.

“Kami mendukung rencana Pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan Ibukota negara ke Pulau Kalimantan,” ujar Oso, Jumat (16/8/2019).

Terkait hal itu semua, kata Oso, DPD RI sebagai representasi daerah akan konsisten dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah yang ada di seluruh wilayah Indonesia.‎

“Dengan fungsi pengawasan yang ada, kami akan melakukan pemantauan dan evaluasi atas RAPERDA dan PERDA sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD,” jelasnya.

Kata dia, DPD RI merasa perlu melakukan hal ini untuk memastikan bahwa seluruh daerah yang ada agar tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan prinsip desa maju, wong cilik gumuyu, menurut Oso, DPD juga mengapresiasi telah tersalurkannya anggaran dana desa hingga mencapai Rp257 triliun.

“Dan dengan keyakinan bahwa Indonesia akan maju jika daerah-daerahnya maju, maka kami mendorong agar dalam 5 tahun ke depan, alokasi dana desa tersebut dapat terus ditingkatkan,” kata dia.

“Termasuk dukungan pemerintah terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu unsur penting dalam mendukung perekonomian nasional,” tegasnya.

Di sisi lain, kata dia, yang perlu mendapat perhatian adalah pembentukan regulasi khusus terkait dengan pembangunan daerah kepulauan sebagai salah satu solusi dalam menghilangkan kesenjangan.(faz/tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs