Kamis, 25 April 2024

DPR Kunjungi Parlemen Brazil, Seriusi Kisah Sukses Pemindahan Ibu Kota Negara

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mukhamad Misbakhun Ketua Group Kerja Sama Bilateral DPR RI-Parlemen Federal Brazil bertemu dengan Eduardo Bolsonaro Ketua Hubungan Internasional Parlemen Federal Brazil di gedung Parlemen Federal Brazil di Brasilia, Selasa (9/7/2019). Foto: Dokumen GKSB Brazil

Delegasi Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR melakukan lawatan di Brazil, pada 8-11 Juli 2019 untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan parlemen di negeri pimpinan Jair Bolsonaro itu. Demi memuluskan kerja sama itu pula GKSB DPR yang dipimpin Mukhamad Misbakhun legislator Golkar menemui Eduardo Bolsonaro, anggota kongres di parlemen Brazil.

Dalam pertemuan di Brasilia, kedua belah pihak sepakat meluncurkan Group Kerja Sama Bilateral Parlemen Brazil – Indonesia. Misbakhun selaku pimpinan delegasi mengharapkan peresmian GKSB Parlemen Brazil – Indonesia akan mendorong kerja sama bilateral kedua negara di berbagai bidang.

“Kami berharap parlemen kedua negara akan dapat membantu kelancaran setiap kerja sama bilateral di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan,” ujar Misbakhun dalam siaran pers ke media, Jumat (12/7/2019).

Menurut Misbakhun, DPR bisa belajar dari Brazil dalam hal pemindahan ibu kota. Pada 1960, negeri terbesar di Amerika Selatan itu secara resmi memindahkan ibu kota pemerintahannya dari Rio de Janeiro ke Brasilia.

“Pemindahan ibu kota Brazil ke Brasilia tergolong sukses. Kami bisa belajar apa saja insentif yang diberikan pemerintah Brazil kepada pihak terkait untuk membantu kelancaran pemindahan ibu kota negara,” ujar Misbakhun di hadapan Eduardo Bolsonaro yang juga putra Bolsonaro Presiden Brazil.

Eduardo Bolsonaro dalam pertemuan itu didampingi sejumlah wakil rakyat yang tergabung dalam GKSB Parlemen Brazil Indonesia. Antara lain Loester Trutis Ketua GKSB Parlemen Brazil-Indonesia, Daniel Silveira dan Luiz Lima dari Partai Sosial Liberal (PSL), serta Evair Vieira de Melo dari Partai Progresif.

Misbakhun menjelaskan, Eduardo dalam sambutannya memuji Indonesia dalam perang melawan narkoba.

“Beliau sangat menghargai kebijakan pemerintah Indonesia di bidang pemberantasan narkoba,” kata Misbakhun.

Selain itu, kata Misbakhun, Eduardo juga mengharapkan kerja sama parlemen Brazil dengan DPR RI bisa terus meningkat.

“Semoga kerja sama parlemen kedua negara dapat semakin meningkatkan kerjasama bilateral di berbagai bidang,” kata Misbakun mengutip pernyataan Eduardo.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs