Kamis, 18 April 2024

H-1 Pemilu, Gubernur Pantau Persiapan ke Seluruh Jatim

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Anggi/Dok. suarasurabaya.net

Menjelang hari pemilihan pada Rabu (17/4/2019) besok, seluruh aparat dari TNI maupun kepolisian telah menerjunkan pasukan untuk pengamanan. Bahkan, pada Selasa hari ini (16/4/2019), Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dengan menggunakan helikopter, akan melakukan pengecekan persiapan pemilu di seluruh Jatim.

“Jam 10 pagi hingga sore nanti Ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa, red) bersama Panglima TNI dan Kapolda Jatim akan melakukan pengecekan di seluruh wilayah di Jatim dengan menggunakan kendaraan udara untuk memantau persiapan pencoblosan 17 April besok,” kata Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jatim kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (16/4/2019).

Sedangkan aparat keamanan dari TNI/Polri sendiri telah melakukan tiga persiapan besar, yakni Sispam Kota, Operasi Gelar Pasukan dan Pergeseran Pasukan. Untuk kegiatan yang terakhir adalah aparat menempati kantong-kantong di beberapa tempat di Jatim untuk memback up Polres yang ada.

Namun menurutnya, hingga saat ini belum ada tingkat kerawanan yang serius dan semua masih berjalan lancar. Bahkan untuk distribusi logistik ke pulau terluar Jatim juga telah sampai dengan pengawalan ketat.

“Kita ambil salah satu indikator distribusi logistik bisa sampai ke pulau Masalembo misalnya, sudah sampai, sudah dilakukan pengamanan dan pengawalan,” ujar Barung.

Ia hanya mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menerima informasi agar tidak terjebak dalam hoaks.

Barung menyebut, menjelang hari pencoblosan banyak kabar bohong yang beredar salah satunya TPS tidak akan melayani pemilih lebih dari jam 13.00 WIB. Ia meluruskan, bahwa TPS masih akan melayani asalkan pemilih telah mendaftar ke TPS sebelum jam tersebut.

Begitu juga hoaks lain seperti adanya eksodus WNI keluar negeri menjelang pencoblosan. Menurutnya ini juga kabar bohong yang perlu diwaspadai masyarakat.

“Hati-hati kepada masyarakat, tanyakan kepada aparatur atau siapapun yang berwenang, apakah informasi ini benar atau tidak,” tambahnya.(tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs