Minggu, 5 Mei 2024

Jokowi Presiden Menerima 14 Surat Tugas Duta Besar Negara Sahabat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden menerima 14 surat kepercayaan dari duta besar negara sahabat yang akan mulai bertugas, dalam acara kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Rabu (20/11/2019), menerima 14 Surat Kepercayaan dari duta besar negara sahabat yang akan bertugas mewakili pemerintahnya.

Penyerahan surat tugas duta besar baik yang berkedudukan di dalam (designate resident) maupun luar Indonesia (designate non resident), dimulai dengan prosesi penyambutan di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta.

Satu per satu lagu kebangsaan negara sahabat dimainkan secara bergantian oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai prosesi penyambutan, para duta besar menuju ruang tunggu Istana Merdeka, menandatangani buku tamu, lalu ke ruang kredensial untuk menyerahkan surat tugas kepada Jokowi Presiden yang didampingi Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dan Pratikno Menteri Sekretaris Negara.

Duta besar negara sahabat yang berkedudukan di Indonesia, adalah Gustavo Arturo Torres Duta Besar Republik Argentina, Sophia Nyamudeza Duta Besar Republik Zimbabwe, Mohammad Khos Heikal Azad Duta Besar Republik Islam Iran, dan Lambertus Christiaan Grijns Duta Besar Kerajaan Belanda.

Kemudian, Vincent Piket Duta Besar Uni Eropa, Olivier Chambard Duta Besar Republik Perancis, Jalal Mirzayev Duta Besar Republik Azerbaijan, dan Apostolos Baltas Duta Besar Republik Yunani.

Selanjutnya, Phomma Sidsena Duta Besar Republik Demokratik Rakyat Laos, dan Cameron MacKay Duta Besar Kanada.

Sementara itu, duta besar negara sahabat yang berkedudukan di luar Indonesia adalah Ernest Mbaimba Ndomahina Duta Besar Republik Sierra Leone, dan Udaya Raj Pandey Duta Besar Republik Demokratik Federal Nepal.

Kemudian, Leko Ado Duta Besar Republik Niger, dan Darko Pajovic Duta Besar Montenegro untuk Indonesia yang berkedudukan di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok.

Sesudah prosesi serah terima surat tugas, masing-masing duta besar mendapat kesempatan berbincang dengan Jokowi Presiden di teras belakang Istana Merdeka, atau dikenal dengan istilah Veranda Talk.

Veranda Talk merupakan simbol sikap terbuka Pemerintah Indonesia yang ingin menjalin kerja sama dengan negara-negara sahabat. (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs