Jumat, 17 Mei 2024

KPU Surabaya Seleksi PPS Secara Terbuka

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Sosialisasi pembentukan PPK dan PPS Pilwali Surabaya 2020 di Surabaya, Senin (30/12/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Subairi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memastikan, seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan untuk Pilwali Surabaya 2020 dilakukan terbuka. Sebelumnya perekrutan anggota PPS dilaksanakan berdasarkan rekomendasi dari kelurahan.

“Untuk PPS seleksi terbuka. Kalau sebelum-sebelumnya ada pengajuan dari kelurahan. Kita minta dari kelurahan untuk PPS itu. Kalau hari ini enggak, melainkan open recruitment terbuka,” kata Subairi di Surabaya, Senin (30/12/2019).

Subairi mengungkapkan, tahapan yang harus dilalui bagi mereka yang ingin mendaftar menjadi anggota PPS adalah pertama, pendaftar melalui online atau offline. Selanjutnya, dilakukan seleksi administrasi, tes tulis, dan tes wawancara, untuk kemudian juga diumumkan secara terbuka.

“Pendaftarannya gratis. Bisa dilakukan online melalui web KPU, bisa juga offline,” ujar Subairi.

Subairi menjelaskan, dilakukannya perekrutan secara terbuka, tiada lain untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua masyarakat yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota PPS. Artinya, tidak boleh ada yang menghalang-halangi bagi mereka yang ingin mendaftar menjadi anggota PPS.

“Artinya kita memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat untuk berpartisipasi sesuai dengan keahliannya dan kemampuannya. Kalau memang masyarakat itu mampu untuk daftar kita kan gak boleh menghalang-halangi,” ujar Subairi. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
33o
Kurs